Persyaratan Layanan

Terakhir diperbarui: 28/07/2022


Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (selanjutnya disebut “Kementerian”) adalah suatu badan yang memiliki program platform aplikasi yang dapat membantu guru dalam bentuk portal web dan aplikasi. Kementerian dalam hal ini menyediakan platform Merdeka Mengajar dimana Pengguna dapat menggunakan fitur dan layanan yang tersedia. Setiap pihak satuan guru yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sekolah Penggerak dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar dan melakukan pemilihan perangkat ajar, melakukan asesmen kepada murid, mengumpulkan bukti karya, dan melakukan pembelajaran mandiri di dalam satu platform tersebut.


Syarat dan Ketentuan ini mengatur penggunaan seluruh fungsi yang terdapat pada Platform Merdeka Mengajar yang berlaku terhadap seluruh pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Kementerian. Dengan melakukan pendaftaran akun dan pengguna yang telah diberikan akses kepada Platform dan/atau menggunakan Platform Merdeka Mengajar maka pengguna telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.


SYARAT DAN KETENTUAN INI MERUPAKAN BENTUK PERJANJIAN YANG MENGIKAT SECARA HUKUM ANTARA PENGGUNA DENGAN KEMENTERIAN. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. SYARAT DAN KETENTUAN INI DAPAT DIPERBAHARUI DARI WAKTU KE WAKTU DAN PENGGUNAAN PLATFORM YANG BERKELANJUTAN DIANGGAP SEBAGAI PERSETUJUAN UNTUK TUNDUK PADA PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN INI.


Definisi

Dalam Syarat dan Ketentuan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah pihak terdaftar yang mengakses Platform Merdeka Mengajar termasuk namun tidak terbatas pada Pengguna non-guru (mitra/publisher), Pengguna Guru non-Sekolah Penggerak, Pengguna Guru Sekolah Penggerak, Pengguna yang mana wajib mematuhi aturan penggunaan Platform Merdeka Mengajar beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan Platform Merdeka Mengajar serta Kebijakan Privasi Platform Merdeka Mengajar
  2. Akun adalah data tentang Pengguna, yang terdaftar pada akun pembelajaran Kementerian dan telah diberikan akses ke Platform yang dapat diisi oleh Pengguna namun tidak terbatas pada data pendukung untuk melakukan eksplorasi pada platform yang terdiri dari Kelas yang diajar, Mata Pelajaran, Sekolah dan Provinsi Sekolah tersebut.
  3. Platform Merdeka Mengajar adalah aplikasi berbasis Android dan Web yang dapat diakses melalui seluler pengguna ataupun browser perangkat laptop pengguna.
  4. Perangkat Ajar adalah suatu bahan ajar yang berupa materi ajar yang telah dikaitkan dengan kurikulum baru dan dapat disimpan oleh Pengguna untuk dijadikan bahan pengajaran mereka.
  5. Layanan adalah secara kolektif: (i) Platform Merdeka Mengajar; (ii) konten, fitur, dan fungsi apapun yang tersedia di atau melalui platform oleh atau atas nama Platform Merdeka Mengajar, termasuk layanan Partner, notifikasi, dan integrasi ke platform penulis pesan eksternal.
  6. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Kementerian yang berisi seperangkat ketentuan dan peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Kementerian, serta tata cara penggunaan sistem Platform Merdeka Mengajar.
  7. Pengguna adalah Pengguna Guru, Pengguna non-guru (mitra/penulis/publisher) atau Pengguna Guru-Sekolah Penggerak terdaftar yang melakukan penyimpanan perangkat ajar, melakukan asesmen atau melakukan pembelajaran serta mengumpulkan bukti karya secara elektronik melalui Platform Merdeka Mengajar.
  8. Pengguna Internal adalah Pengguna internal dari Kementerian yang mendukung dan memberikan konten perangkat ajar untuk dapat diakses secara elektronik melalui Platform Merdeka Mengajar.
  9. Pengguna Mitra adalah Pengguna eksternal yang mendapatkan akses yang mendukung dan memberikan konten perangkat ajar dan non perangkat ajar (konten paket soal untuk asesmen) untuk dapat diakses oleh Pengguna secara elektronik melalui Platform Merdeka Mengajar.
  10. Data / Informasi Pribadi adalah data terkait dengan Pengguna yang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik.

Layanan

  1. Platform Merdeka Mengajar mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna non-Guru, Pengguna Guru non-Sekolah Penggerak, Pengguna Guru Sekolah Penggerak untuk melakukan pencarian inspirasi pengajaran, belajar dan membangun portofolio karir secara elektronik dan Pengguna Internal dan serta Pengguna Mitra untuk memberikan konten Perangkat Ajar dan Non-Perangkat Ajar secara elektronik pada Platform Merdeka Mengajar yang dapat diakses melalui perangkat seluler Pengguna berbasis aplikasi Android dan browser dari laptop Pengguna
  2. Penyimpanan Perangkat Ajar menyediakan fitur untuk pengguna terhadap konten inspirasi pengajaran yang dapat dilakukan di kelas dan non-kelas oleh Guru kepada Murid
    1. Dengan menggunakan layanan ini, Pengguna setuju bahwa:
      1. Fitur ini menyimpan data yang di personalisasi oleh Pengguna berdasarkan kebutuhan mereka untuk melakukan pengajaran
  3. Asesmen merupakan fitur konten paket soal yang dapat diberikan oleh Guru kepada Murid untuk memahami dan menganalisa tingkat kemampuan murid berada di level mana
    1. Dengan menggunakan layanan ini, Pengguna setuju bahwa:
      1. Fitur ini dapat diberikan ke murid dan Platform akan menyimpan data distribusi dan hasil asesmen dari murid yang dituju
  4. Pembelajaran Mandiri
  5. Pengumpulan Bukti Karya merupakan fitur untuk Pengguna menyimpan karya dalam bentuk dan kategori yang telah ditentukan untuk kemudian dijadikan acuan pencapaian kompetensi
    1. Dengan menggunakan layanan ini, Pengguna setuju bahwa:
      1. Karya yang menampilkan wajah dan identitas wajib mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak yang ditampilkan tersebut atau wali yang sah, apabila pihak yang ditampilkan adalah anak dibawah umur.
      2. Isi dari karya tidak memuat unsur SARA, pornografi, ujaran kebencian, ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan secara keseluruhan, maupun sebagian, tidak melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
      3. Karya yang ditampilkan bukan merupakan hasil plagiasi.
      4. Pengguna wajib mencantumkan kredit pada karya apabila menggunakan musik, gambar, atau karya pihak lain.

Pengguna, Akun, Keamanan, dan Password

Persyaratan wajib bagi Pengguna untuk mengakses layanan di Platform Merdeka Mengajar, antara lain:

  1. Mengakses Platform Merdeka Mengajar dan/atau menggunakan Fitur hanya untuk tujuan yang sah dan dengan cara yang sah, setiap saat, dan juga setuju untuk melakukan aktivitas apapun terkait Layanan atau Platform Merdeka Mengajar dengan itikad baik.
  2. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Pengguna wajib memiliki akun pembelajaran yang terdaftar di Kementerian untuk mengakses platform Merdeka Mengajar.
  4. Pengguna yang memiliki akun di Platform Merdeka Mengajar, wajib mengisi data sekolah, kelas dan mata pelajaran yang diajar secara lengkap sesuai dengan identitas pribadinya.
  5. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun, termasuk password rahasia email untuk melakukan log-in ke Akun Pengguna. Platform Merdeka Mengajar atau petugas Kementerian tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform Merdeka Mengajar ketika Pengguna masuk ke platform Merdeka Mengajar). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  6. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas konten yang diunggah dan/atau ditampilkan dalam Platform Merdeka Mengajar. Pengguna wajib memastikan bahwa konten yang diunggah atau ditampilkan pada Platform Merdeka Mengejar adalah sesuai dengan norma, batasan, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku. Apabila ditemukan konten yang dinilai melanggar norma, batasan, dan/atau ketentuan hukum yang berlaku, maka Kementerian berhak sepenuhnya untuk menurunkan konten dan Platform Merdeka Mengajar dan/atau melakukan proses hukum lanjutan, apabila diperlukan, sehubungan dengan konten dimaksud.

Link Menuju Platform YouTube dan Google

  1. Platform Merdeka Mengajar menggunakan Servis Antarmuka Pemrograman Aplikasi YouTube/YouTubeApplication Programming Interface Services(“YouTube API Services”) untuk fitur yang memungkinkan Pengguna untuk menyimpan konten yang dimiliki dari YouTube ke dalam Akun yang digunakan pada Aplikasi.Sehubungan dengan penggunaan YouTube API Services, Pengguna akan tunduk pada kebijakan penggunaan, kebijakan privasi, serta kebijakan layanan lainnya yang ditetapkan, oleh YouTube dalam Kebijakan Penggunaan YouTube/YouTube’s Terms of Service.
  2. Penggunaan platform Google akan tunduk pada Kebijakan Privasi Google yang termasuk, namun tidak terbatas pada pengaturan keamanan dan pencabutan akses Pengguna yang mungkin dilakukan oleh Google dalam hal terjadi penyalahgunaan oleh Pengguna Platform Merdeka Mengajar.
  3. Penggunaan platform YouTube akan tunduk pada Kebijakan Privasi YouTube termasuk, namun tidak terbatas pada pengaturan keamanan dan pencabutan akses Pengguna yang mungkin dilakukan oleh YouTube dalam hal terjadi penyalahgunaan penggunaan oleh Pengguna Platform Merdeka Mengajar.
  4. Dalam hal Pengguna memutuskan untuk ingin mencabut akses Google dan YouTube dari data penggunaan di platform terkait. Pengguna dapat melakukannya melalui halaman pengaturan Google.
  5. Pengguna setuju bahwa, dalam hal terdapat tautan dan akses ke situs web dan konten lain yang disediakan oleh pihak ketiga di luar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Platform Merdeka Mengajar, Kementerian tidak memiliki kendali atas konten situs web tersebut. Kementerian tidak bertanggung jawab atas bagian apapun dari isi konten yang disediakan oleh pihak ketiga, termasuk Google dan YouTube.
  6. Akses atau penggunaan konten dari pihak ketiga tersebut oleh Pengguna merupakan bentuk persetujuan Pengguna untuk tunduk pada kebijakan penggunaan, kebijakan privasi serta kebijakan lainnya yang ditetapkan oleh pihak ketiga tersebut.
  7. Penggunaan tautan menuju Platform oleh pihak ketiga lainnya di luar Platform Merdeka Mengajar, diperbolehkan selama tidak melanggar Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari Platform Merdeka Mengajar.

Pembaruan dan Modifikasi Syarat dan Ketentuan

Kementerian memiliki hak untuk melakukan pembaruan dan/atau perubahan Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu jika diperlukan demi keamanan dan kenyamanan penggunaan Pengguna di Platform Merdeka Mengajar. Pengguna dengan ini setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab untuk membaca secara saksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui pembaruan dan/atau perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan di Platform Merdeka Mengajar, maka Pengguna dianggap menyetujui pembaruan dan/atau perubahan dalam Aturan Penggunaan ini.


Pengecualian Tanggung Jawab

  1. Platform Merdeka Mengajar mengambil langkah-langkah teknis dan keamanan yang sesuai dan wajar untuk menjaga agar Platform Merdeka Mengajar tetap aman dan bebas dari virus dan kesalahan. Namun, meskipun teknologi ini efektif, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Dengan demikian, kami tidak dapat menjamin keamanan basis data kami maupun menjamin bahwa informasi yang Pengguna berikan tidak akan dihadang saat dikirimkan kepada Platform Merdeka Mengajar. Kementerian akan menginformasikan kepada Pengguna secara tertulis apabila Kementerian mengetahui bahwa terdapat pelanggaran keamanan data yang melibatkan informasi pribadi Pengguna.
  2. Platform Merdeka Mengajar dapat mengalami pembatasan, penundaan, dan masalah lain terkait penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk kecacatan perangkat yang digunakan oleh Pengguna, tidak terhubung, di luar jangkauan, tidak aktif, atau tidak berfungsi. Kementerian tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun akibat masalah-masalah tersebut.