CP & ATP

Fase F

Teknik Perawatan Gedung

Capaian Umum

Pada akhir Fase F peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai konsentrasi keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menguatkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu, pada akhir Fase F ini peserta didik mampu melaksanakan pekerjaan perawatan gedung yang meliputi pekerjaan pelaksanaan gedung, teknik pekerjaan pengawasan gedung, sistem utilitas bangunan gedung, teknik pekerjaan perawatan dan perbaikan gedung dan utilitas, serta estimasi biaya pekerjaan perawatan gedung dan utilitas.

Capaian per Elemen

Pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan perawatan gedung

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, serta mengidentifikasi penilaian tingkat kerusakan bangunan apakah termasuk rusak ringan, rusak sedang, atau rusak berat. Peserta didik juga mampu membuat gambar rencana kerja, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan perawatan dan perbaikan bagian-bagian gedung, serta perawatan dan perbaikan konstruksi gedung yang tergolong rehabilitasi, renovasi, dan restorasi. Peserta didik mampu menyusun laporan progres pekerjaan konstruksi gedung.

Sistem utilitas bangunan gedung dan perawatannya

Pada akhir Fase F peserta didik mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan sistem instalasi pipa air bersih dan air panas, serta merencanakan dan melaksanakan pekerjaan sistem instalasi pipa air kotor/buangan. Peserta didik mampu melaksanakan pemasangan alat-alat saniter dan melaksanakan pekerjaan elektrikal instalasi listrik pada bangunan gedung.

Perawatan dan perbaikan pekerjaan utilitas bangunan gedung

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan prosedur perawatan perbaikan instalasi jaringan air bersih, air kotor, dan saniter. Peserta didik mampu menerapkan prosedur perawatan dan perbaikan pekerjaan elektrikal instalasi listrik pada bangunan gedung.

Estimasi biaya pekerjaan perawatan gedung dan utilitas bangunan gedung

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menyusun rencana anggaran biaya (RAB) terdiri atas jenis-jenis bahan dan pekerjaan, volume pekerjaan, menghitung kebutuhan bahan dan upah, serta harga satuan bahan dan upah. Peserta didik mampu menyusun network planning, jadwal (time schedule), dan kurva S, serta membuat laporan harian dan mingguan.