Fase F
Teknik Ototronik
Capaian per Elemen
Engine Management
System dan Manajemen
Motor Listrik
Pada akhir fase F, peserta didik mampu memelihara dasar sistem engine; memahami sejarah perkembangan teknologi Engine Management System; memahami karakteristik sensor pada enginegasoline; memahami karakteristik sensor pada enginediesel; memahami karakteristik aktuator pada enginegasoline; memahami wiring diagram pada engine; memahami pengaruh actuator pada engine; memahami sistem pada engine; memahami sistem kontrol katup; memahami sistem kontrol pengisian elektronik; memahami sistem kontrol starter elektronik; memahami sistem kontrol EMISI; memahami Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic); memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic); memahami manajemen motor listrik (seperti pada mobil listrik atau mobil hybrid).
Comfort Safety And
Information Technology
(CSIT)
Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami sistem standar kelistrikan otomotif; memahami kerja Communication Networking System; memahami kerja Vehicle Security System Car Alarm, Central Lock/Door Lock dan Immobilizer; memahami kerja Wiring System Power Window & Sunroof; memahami kerja Sistem Elektrik Control Mirror; memahami kerja penerangan kendaraan (Light-Tronic); memahami kerja sistem Washer Wiper Control; memahami kerja sistem AC Climate Control; memahami kerja sistem pengontrolan kursi elektrik; memahami kerja sistem airbag dan sabuk pengaman; memahami kerja System Car Entertainment; memahami kerja sistem kontrol parkir Assistant dan Rear Camera; memahami sistem panel instrument Cluster (Dashboard) kendaraan; memahami kerusakan CSIT Fail safe atau On Board Diagnostic System; memperbaiki Fail Safe atau On Board Diagnostic System CSIT
Sistem Kontrol Kendaraan
Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami komponen sistem kontrol kendaraan; memahami cara kerja sistem kontrol elektronik kendaraan; memahami logika kontrol engine; memahami rangkaian elektronika pengolah sinyal digital yang meliputi multiplexer, ADC (Analog to Digital Computer) dan DAC (Digital to Analog Converter); memahami rangkaian driver aktuator; memahami macam-macam mikrokontroler; memahami blok diagram kontroler pada sistem kontrol kendaraan; memahami sistem kontroler sederhana pada kendaraan; memahami diagram alir (flowchart) pada sistem kontrol kendaraan; mempelajari listing program sesuai dengan diagram alir yang telah dipahami; menjelaskan cara mengoperasikan downloader; memahami simulator rangkaian sistem kontrol utama berbasis mikrokontroler; menguraikan jenis komunikasi data serial pada aplikasi scan tool dan komunikasi data antar sistem di kendaraan (invehicle network communication); memahami real time data komunikasi scan tool dengan Electronic Control unit (ECU) kendaraan; mensimulasikan kerja sistem kontrol elektronik pada kendaraan; mengukur besaran listrik pada komponen sistem kontrol elektronik pada kendaraan; memeriksa pengaruh kerja sensor pada engine terhadap kinerja engine menguji rangkaian elektronika pengolah sinyal digital yang meliputi multiplexer, ADC(Analog to Digital Computer) dan DAC (Digital to Analog Converter); menguji kerja driver aktuator; mengoperasikan komunikasi data antara scantool dengan kendaraan (in-vehicle network communication); menerjemahkan real time data yang ditampil oleh scantool dari ECU kendaraan.
Chassis and Power Train
Management System
(Sistem Manajemen
Sasis dan Pemindah
Tenaga)
Meliputi: Sasis dan pemindah tenaga; sistem Electronic Control Transmission (ECT); sistem Electric Motor Transfer Case; manajemen sistem rem; sistem Electric Power Steering (EPS); sistem suspensi; sistem Tire pressure monitoring; Fail safe atau On Board Diagnostic Chassis and Power Train management system.