Fase F
Perhotelan
Capaian Umum
Pada akhir fase F, peserta didik akan memiliki kompetensi keahlian yang dipilihnya sehingga menguatkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. Selain itu pada akhir fase F, pada aspek hard skills peserta didik mampu mengidentifikasi dan mempraktikan elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Perhotelan sebagai berikut.
Capaian per Elemen
Front Office
Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan tugas reservasi, menyediakan jasa porter, layanan akomodasi reception. Peserta didik mampu memproses transaksi keuangan, menjelaskan fasilitas dan pelayanan hotel, menyajikan informasi yang dibutuhkan tamu, dan melakukan komunikasi melalui telepon.
Housekeeping dan Laundry
Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan tugas menyediakan layanan housekeeping untuk tamu, membersihkan lokasi/area dan peralatan, dan merangkai bunga sesuai pedoman dasar. Peserta didik mampu menyiapkan kamar untuk tamu, menangani kehilangan dan penemuan barang. Peserta didik mampu menangani linen, pakaian seragam karyawan dan tamu, melaksanakan proses laundry, dan layanan laundry valet.
Food and Beverage Service
Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan tugas menyediakan layanan makanan dan minuman, menyediakan room service, menerima dan menyimpan persediaan barang.