CP & ATP

Fase F

Pengembangan Gim

Capaian Umum

Pada akhir fase F (kelas XI dan XII SMK), peserta didik akan mampu mengimplementasikan pemodelan gim, pemrograman gim, komputer grafis dan multimedia dan audio editing untuk mengembangkan gim yang mampu beroperasi pada berbagai perangkat, platform atau teknologi terkini.

Capaian per Elemen

Pemodelan Gim

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami, menginterpretasikan, dan mengomunikasikan konsep perancangan video game, mencakup ide konsep gim (game concept), dokumen desain gim (game design document), desain mekanika gim (game mechanic concept), desain sistem gim (game system concept), desain teknik gim (game technical concept), desain level gim (game level concept), desain narasi gim (game narrative concept), riset pengguna gim (game user research concept), desain purwarupa gim (game design prototype) dan desain keseimbangan gim (game design balancing).

Pemrograman Gim

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami, mengomunikasikan dan melakukan pemrograman berbasis teks dan grafis yang diintegrasikan pada pemrograman gim (game engine), mencakup pemrograman ke dalam bentuk gameplay, implementasi UI/UX (graphical user interface), struktur data, integrasi objek statis dan dinamis (static and dynamic assets integration), dan fungsionalitas tambahan pada game engine (tools and plugin implementation). Peserta didik juga mampu menguji serta meningkatkan kualitas dari perangkat lunak meliputi debugging, optimasi kinerja gim, dan pembaharuan perangkat lunak.

Komputer Grafis dan Multimedia

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami dan mengomunikasikan konsep visual gim meliputi desain konsep artistik (key concept art), dokumen perancangan artistik (art design document), desain karakter (character design), desain latar belakang (environment design), desain properti (property design). Peserta didik juga mampu menerapkan penggunaan komputer grafis dan multimedia dalam mengembangkan aset visual gim sesuai minatnya meliputi 2D puppeteer (cut out animation), model 3D dengan teknik digital sculpting, tekstur permukaan 3D (texturing), struktur/kerangka sistem mekanika objek/ benda/karakter (rigging), akting pergerakan karakter, simulasi gerak digital benda (rigid/soft body), atau sifat bahan 3D (shading).

Audio Editing

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan mengomunikasikan perencanaan kebutuhan aset audio, menginterpretasikan kebutuhan aset audio pada pemodelan gim, melakukan perekaman suara (dubbing), serta mengembangkan aset audio (efek suara dan musik latar).