CP & ATP

Fase E

Dasar Dasar Usaha Layanan Pariwisata

Capaian Umum

Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga memiliki passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas peserta didik untuk mengikuti aktivitas pembelajaran.

Capaian per Elemen

Proses Bisnis Industri Pariwisata

Pada akhir fase E peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dan wawasan secara menyeluruh tentang industri pariwisata yang berkaitan dengan produk dan jasa pariwisata, isu- isu global industri pariwisata dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata termasuk lapangan kerja dan jabatan kerja dengan kemampuan, sikap, perhatian, tindakan, tanggung jawab yang tercermin pada penampilan untuk pelayanan prima.

Kerja Sama yang Efektif dengan Kolega dan Pelanggan

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan bagaimana berkomunikasi di tempat kerja, menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan di luar perusahaan, memelihara standar kinerja pribadi dan bekerja dalam satu tim.

Kerja sama dalam lingkungan sosial yang berbeda

Pada akhir fase E peserta didik menjelaskan bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan dan kolega dari berbagai latar belakang dan menghadapi kesalahpahaman antar budaya.

Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan dalam Bekerja

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja, menangani keadaan darurat dan mengantisipasi, mempertahankan standar penampilan pribadi, memberikan umpan balik mengenai kesehatan, keselamatan dan keamanan.

Profesi dan Kewirausahaan di Bidang Pariwisata

Pada akhir fase E peserta didik mampu mendeskripsikan profesi dan peluang berwirausaha serta dibutuhkannya jiwa wirausaha (entrepreneurship) dan berbagai strategi kewirausahaan termasuk di dalamnya mengembangkan pengetahuan produk dan jasa, mengembangkan pengetahuan pemasaran, mempromosikan produk dan jasa dan penerapan keterampilan menjual.

Komunikasi secara Efektif Melalui Telepon

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan prosedur menjawab telepon dan melakukan panggilan telepon kemudian menggunakan salah satu aplikasi media sosial yang biasa digunakan di perusahaan perjalanan seperti whatsapp, telegram, twitter, Instagram, dll.

Praktik Menggunakan Alat Bantu Bisnis dan Teknologi dalam Layanan Pariwisata

Pada akhir fase E peserta didik mampu melakukan praktik dasar secara menyeluruh tentang penggunaan alat bantu bisnis dan teknologi, memilih alat bantu bisnis dan teknologi dan memelihara teknologi yang sesuai dalam pelayanan pariwisata untuk menguasai pemasaran termasuk keterampilan networking, mampu memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimizer) dan mampu memahami channel management untuk aplikasi media sosial, memahami cara menggunakan sosial media yang baik sebagai personal termasuk memahami dasar-dasar fotografi dengan ponsel pintar (smartphone) atau kamera digital.