CP & ATP

Fase E

Dasar Dasar Teknik Pesawat Udara

Capaian Umum

Pada akhir fase E peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami gambar teknik, aerodynamic fundamental, aircraft material, aircraft hardware dan tools equipment, aircraft structure, tenaga pendorong/power plant, flight control, aircraft system, dan pengetahuan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Capaian per Elemen

Proses bisnis secara menyeluruh bidang manufaktur dan rekayasa pesawat udara

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami proses bisnis di bidang manufaktur pesawat udara secara menyeluruh pada berbagai industri, antara lain K3LH, perancangan produk, Mata Rantai Pasok (Supply Chain), logistik, proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara, perawatan peralatan produksi, dan pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.

Perkembangan teknologi di dunia kerja dan isu-isu global terkait dunia industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami bagan perkembangan proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara mulai dari teknologi konvensional sampai dengan teknologi modern, Industri 4.0, teknik digitalisasi di industri, Product Life Cycle, isu pemanasan global, Waste Control, perubahan iklim dan aspek-aspek ketenagakerjaan.

Profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang manufaktur dan rekayasa pesawat udara.

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang manufaktur dan rekayasa pesawat udara, untuk membangun vision dan passion, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

Pada akhir fase E peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur- prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

Teknis dasar proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami praktik dasar yang terkait dengan seluruh proses produksi dan teknologi yang diaplikasikan dalam industri manufaktur pesawat udara, antara lain praktik dasar alat ukur, perkakas tangan dan bertenaga, peralatan angkat dan pemindah bahan, serta pengenalan teknik pemesinan, pengelasan, praktik aerodynamic fundamental, praktik aircraft material, praktik aircraft hardware dan tools equipment, praktik aircraft structure, praktik tenaga pendorong/ power plant, praktik flight control, praktik aircraft system, dan prosedur standar Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Gambar teknik

Pada akhir fase E peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk pengenalan macam-macam peralatan gambar, diagram skematik, dan proyeksi gambar untuk pekerjaan pemeliharaan pesawat udara.

Prinsip dan perkembangan Theory of Flight

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami gaya-gaya yang bekerja pada pesawat udara, prinsip Bernoulli, hukum Newton, hukum kekekalan energi. Elemen ini berhubungan dengan pengetahuan yang dibutuhkan dalam menjelaskan prinsip dan perkembangan Theory of Flight.

Airfoil terhadap performa pesawat udara

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami macam-macam, bagian-bagian, dan karakteristik airfoil terhadap performa pesawat udara dari berbagai gaya aerodinamik pada pesawat serta stall dan cara mengatasinya. Elemen ini berhubungan dengan pengaruh karakteristik jenis-jenis lapisan atmosfer terhadap penerbangan.

Aircraft material

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami macam dan spesifikasi aircraft material.

Aircraft hardware dan tools equipment

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami macam dan spesifikasi aircraft hardware dan tools equipment.

Aircraft structure

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami jenis-jenis pesawat udara, dan bagian-bagian struktur pesawat udara (aircraft structure).

Tenaga pendorong/ power plant

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami berbagai jenis tenaga pendorong (power plant) yang digunakan oleh pesawat udara.

Flight Control

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami fungsi dan cara kerja flight control pada pesawat udara. Elemen ini berhubungan dengan aspek-aspek flight stability and dynamics yang meliputi airplane axes, flight stability and control (Static stability & Dynamic stability), flight Control surfaces.

Aircraft system

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami berbagai sistem yang ada di pesawat udara (aircraft system).

Civil Aviation Safety Regulation (CASR)

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami Civil Aviation Safety Regulation (CASR), antara lain CASR Part 21, CASR Part 39, CASR Part 43, CASR Part 45, CASR Part 47, CASR Part 65, CASR Part 145, dan CASR Part 147.