Fase E
Dasar Dasar Perhotelan
Capaian Umum
Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu, pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan.
Capaian per Elemen
Proses bisnis industri
perhotelan
Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan tentang informasi dan wawasan secara menyeluruh tentang konsep dasar industri perhotelan, jenis fasilitas dan layanan di hotel, layanan pendukung di hotel.
Perkembangan penerapan
teknologi dan isu-isu
global terkait dunia
pariwisata dan perhotelan
Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan tentang informasi dan wawasan secara menyeluruh tentang pengembangan dan pemutakhiran pengetahuan industri pariwisata dan isu-isu global, obyek dan daya tarik wisata serta pengembangan daerah tujuan wisata yang berkebhinekaan global serta pemutakhiran hotel system (contoh: room reservation menggunakan barcode) sehingga menginspirasi dalam membangun passion, vision (visi) dan kebanggaan terhadap perkembangan industri pariwisata dan perhotelan.
Profil entrepreneur, job
profile, peluang usaha
dan pekerjaan/profesi
pelayanan jasa perhotelan
Pada akhir fase E peserta didik mampu mendeskripsikan profil dan karakteristik seorang hotelier/entrepreneur, personal branding dan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang mampu membaca peluang pasar dan usaha perhotelan (contoh: usaha laundry services, home cleaning service, towel art folding sehingga menginspirasi dalam membangun passion dan kebanggaan terhadap pekerjaan di bidangnya.
Dasar penerapan layanan
prima (excellent service)
pada industri perhotelan /
industri pelayanan/industri
keramahtamahan
Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan informasi dan wawasan secara menyeluruh tentang penampilan, kebersihan dan kerapian (Grooming), motivasi kerja, komunikasi dengan kolega dan pelanggan, komunikasi dalam lingkungan sosial yang beragam, sikap pelayanan (Service Attitude/hospitality attitude), bekerja dalam tim (teamwork) serta tata cara berkomunikasi yang baik (Communication Skills), menangani situasi konflik.
Tahapan operasional
perhotelan secara
menyeluruh dengan
layanan prima (excellent
service)
Pada akhir fase E peserta didik menerapkan Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability (CHSE), personal grooming, Service Attitude/hospitality attitude, teamwork and Communication skills.