Fase F
Bisnis Digital
Capaian Umum
Pada akhir Fase F peserta didik menguasai kompetensi-kompetensi Bisnis Digital sehingga mampu beradaptasi dengan mudah dalam pekerjaannya. Selain itu, pada akhir Fase F pada aspek soft skill peserta didik mampu menerapkan kompetensi kerja sesuai tuntutan pekerjaan, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi secara konsisten.
Capaian per Elemen
Ekonomi bisnis dan administrasi umum
Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi, memahami model dan pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi, menerapkan ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha, serta memahami administrasi dan fungsi-fungsi manajemen.
Marketing
Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami konsep pemasaran mulai dari struktur dan bentuk pasar, strategi bauran pemasaran, menganalisis pengembangan produk, dan menentukan daur hidup produk (product life cycle/ PLC). Peserta didik juga mampu memperkuat branding, menetapkan harga jual, dan melakukan promosi produk.
Perencanaan bisnis
Pada akhir Fase F peserta didik mampu menganalisis lingkungan bisnis dengan berbagai model analisis, merencanakan strategi bisnis, menganalisis usaha, menyusun proposal usaha, dan mengembangkan usaha.
Komunikasi bisnis
Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami prinsip komunikasi bisnis, seperti etika bisnis, melakukan negosiasi bisnis, dan melakukan presentasi bisnis.
Digital branding
Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami ruang lingkup digital branding, membuat logo secara online, melakukan produksi konten digital, melakukan foto produk, melakukan video produk, dan mengaplikasikan manajemen publikasi konten.
Digital onboarding
Pada akhir Fase F peserta didik mampu melakukan aktivasi penjualan melalui platform digital, seperti media sosial, website, marketplace, dan online retail.
Digital marketing
Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami ruang lingkup digital marketing, memahami etika warga internet (internet citizen), melakukan analisis data digital, mengaplikasikan Google Business Profile atau Google My Business (GMB), mengaplikasikan Search Engine Optimization (SEO), mengaplikasikan Search Engine Marketing (SEM), melakukan promosi di social media marketing, dan melakukan promosi di marketplace.
Digital operation
Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami ruang lingkup operasional bisnis online, melakukan inventori, mengaplikasikan customer relationship, melakukan pengiriman barang, dan membuat laporan pembelian dan penjualan online.