CP & ATP

Fase F

Asisten Keperawatan Dan Caregiver

Capaian Umum

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki gambaran yang tepat dan menyeluruh mengenai Konsentrasi Keahlian Asisten Keperawatan dan Caregiver, peluang kerja setelah lulus, antara lain menjadi Asisten Tenaga Keperawatan dan Caregiver serta konsentrasi keahlian yang dipelajari, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu, peserta didik juga akan mampu memahami ilmu penyakit umum, kejiwaan sesuai tahapan usia, kebutuhan dasar manusia, keterampilan dasar tindakan keperawatan sesuai tahapan usia.

Capaian per Elemen

Ilmu penyakit umum, kejiwaan sesuai tahapan usia

Pada akhir fase F, peserta didik dapat memahami tentang ilmu penyakit umum, kejiwaan sesuai tahapan usia, dan melakukan pemeriksaan fisik secara head to toe.

Kebutuhan dasar manusia

Pada akhir fase F, peserta didik memahami tentang kebutuhan dasar manusia secara menyeluruh menurut Abraham Maslow mulai dari kebutuhan oksigenasi, kebutuhan cairan dan elektrolit, penyusunan diet pasien, kebutuhan eliminasi, serta kebutuhan rasa nyaman, tidur dan istirahat. Peserta didik juga memahami prosedur pemberian obat, penanganan nyeri, perawatan luka dasar, dan kebutuhan bermain dan rekreasi serta olah tubuh. Peserta didik memahami kebutuhan rasa cinta dan kasih sayang, mengajak sosialisasi lansia, memfasilitasi kebutuhan spiritual, pemeriksaan tingkat kesadaran klien, memfasilitasi proses berduka dan kehilangan, dan perawatan meninggal dunia.

Keterampilan dasar tindakan keperawatan sesuai tahapan usia

Pada akhir fase F, peserta didik memahami keterampilan dasar tindakan keperawatan sesuai tahapan usia yang meliputi disinfeksi dan sterilisasi peralatan kesehatan, penyimpanan alat kesehatan, dan penyiapan tempat tidur. Peserta didik juga memahami prosedur personal hygiene mulai dari pertolongan memandikan, pertolongan mencuci rambut, pertolongan oral hygiene, pertolongan menggunting kuku, pertolongan eliminasi BAK dan BAB, perawatan kateter, perawatan vulva dan perineum. Selain itu, peserta didik memahami pertolongan pengubahan posisi klien, pertolongan mobilisasi dan ambulasi klien, pemberian makan dan minum per oral, pemberian makan melalui selang nasogastric, pertolongan latihan nafas dalam dan batuk efektif, pemasangan buli- buli panas, pemasangan kirbat es, melaksanakan kompres hangat, dan dingin, pemberian obat (oral, tetes, topical, suppositoria), dan perawatan disabilitas.