Fase B (Usia mental ± 8 tahun)
Progsus Hambatan Intelektual
Capaian per Elemen
Merawat diri
Peserta didik mampu makan menggunakan tangan dengan sikap yang benar tanpa bantuan, minum menggunakan gelas dengan sikap yang benar tanpa bantuan, melakukan kegiatan mandi, menggosok gigi, dan menggunakan toilet.
Mengurus Diri
Peserta didik mampu menanggalkan pakaian luar (tshirt), mengenakan pakaian luar (t-shirt), mengenal cara memilih pakaian dalam, memakai bedak (bagi peserta didik perempuan), dan menyisir rambut.
Menolong Diri
Peserta didik mampu mengenal binatang buas dan jinak, menggunakan alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain) dengan bantuan, mengenal tanda-tanda bencana alam, mengenal cara penggunaan alat/benda untuk menyelamatkan diri, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, mencari pertolongan pada orang dewasa terutama yang dikenal anak, mengenali identitas keluarga, mengenali cara menjaga diri, serta mengenal cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri (seperti, tersedak, tergelincir, terantuk batu, dan lain-lain).
Komunikasi
Peserta didik mampu merespon simbol komunikasi sederhana secara verbal dan nonverbal.
Sosialisasi
Peserta didik mampu melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan kelas.
Keterampilan Sederhana
Peserta didik mampu menggunakan alat komunikasi sederhana, mengidentifikasi warna dan gambar pada mata uang, mengenal jenis barang pada tempat belanja, dan melakukan tugas piket sekolah sesuai jadwal.
Penggunaan Waktu Luang
Peserta didik mampu melakukan permainan tradisional, dan menonton acara di televisi/internet dengan pengawasan.