CP & ATP

Fase E (Usia mental ± 10 tahun)

Progsus Hambatan Intelektual Tunagrahita

Capaian Umum

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu makan makanan kemasan, mengenal tata cara makan dan minum di tempat umum, membuat makanan dan minuman untuk orang terdekat (guru dan teman), menggunting kuku, memelihara diri saat datang bulan bagi peserta didik perempuan. Berikutnya peserta didik mampu mengenakan aksesoris pakaian, memilih pakaian sesuai kebutuhan, merias wajah untuk kegiatan keseharian dan acara pesta/resmi bagi peserta didik perempuan. Selanjutnya peserta didik mampu menghindarkan diri dari binatang berbahaya, mengenal tanda alami/gejala alam akan adanya bencana, melakukan simulasi dengan bimbingan, melakukan penyelamatan dengan bimbingan, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri secara mandiri, melakukan simulasi cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri dengan mandiri. Pada akhir fase ini juga peserta didik dapat berkomunikasi dengan menggunakan alat teknologi komunikasi (seperti smartphone, dan laptop untuk pembelajaran), melakukan kegiatan bersama masyarakat, menjaga kebersihan sekolah, menjaga kebersihan dan kerapihan pakaian, memanfaatkan media sosial pada alat komunikasi, mengenal fungsi uang, mengenal aplikasi belanja online, memahami pekerjaan dalam bidang jasa seperti cleaning service, cuci baju, cuci kendaraan, memahami pekerjaan dalam bidang produksi seperti kuliner, hantaran, bercocok tanam, mengikuti kegiatan kursus, serta memilih tempat rekreasi.

Capaian per Elemen

Merawat diri

Peserta didik dapat mampu makanan kemasan, mengenal tata cara makan dan minum di tempat umum, membuat makanan untuk orang terdekat (guru dan teman), membuat minuman untuk orang terdekat (guru dan teman), menggunting kuku, dan memelihara diri saat datang bulan.

Mengurus Diri

Peserta didik mampu mengenakan aksesoris pakaian, memilih pakaian sesuai kebutuhan, merias wajah untuk kegiatan keseharian, dan merias wajah untuk acara pesta.

Menolong Diri

Peserta didik mampu menghindarkan diri dari binatang berbahaya, menghindari diri dari berbagai bentuk kekerasan seksual, mengenal tanda alami/gejala alam akan adanya bencana, melakukan simulasi dengan bimbingan, melakukan penyelamatan dengan bimbingan, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri secara mandiri, melakukan simulasi cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri dengan mandiri.

Komunikasi

Peserta didik mampu berkomunikasi secara audiovisual (dengan bantuan media).

Sosialisasi

Peserta didik mampu melakukan kegiatan bersama masyarakat.

Keterampilan Sederhana

Peserta didik mampu menjaga kebersihan sekolah, menjaga kebersihan pakaian, menjaga kerapihan pakaian, memanfaatkan media sosial pada alat komunikasi, mengenal fungsi uang, mengenal aplikasi belanja offline/online, memahami pekerjaan dalam bidang jasa seperti cleaning service, cuci baju, cuci kendaraan, memahami pekerjaan dalam bidang produk seperti kuliner, hantaran, dan bercocok tanam.

Penggunaan Waktu Luang

Peserta didik mampu mengikuti kegiatan kursus, serta memilih tempat rekreasi.