Fase D (Usia mental ± 9 tahun)
Progsus Hambatan Intelektual Tunagrahita
Capaian Umum
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu makan makanan berkuah, minum minuman dalam kemasan, mengenal tata cara makan dan minum dengan sopan, membuat makanan dan minuman sederhana untuk diri sendiri, menghidangkan makanan untuk diri sendiri. Peserta didik dapat memelihara kebersihan tangan dan kaki, serta melakukan mencuci rambut. Berikutnya, bagi peserta didik laki-laki dapat melepas dan memakai kaos kaki, melepas dan memakai sepatu bertali, bandana, menggunakan kopiah dan topi. Kemudian, bagi peserta didik perempuan dapat melepas dan memakai kaos kaki, melepas dan memakai sepatu bertali, mengenakan aksesoris anting, kalung, bandana. Selanjutnya peserta didik dapat mengamankan diri dari benda-benda berbahaya (tajam, runcing, licin, dan panas), menggunakan alat pelindung diri sesuai kebutuhan secara mandiri, mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm secara mandiri, mengenal cara melindungi diri dari bencana alam, membiasakan diri bersikap tenang dan berani, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa, melakukan simulasi cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri dengan bimbingan. Pada akhir fase ini juga peserta didik mampu berkomunikasi secara verbal dan nonverbal di lingkungan sekolah, melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan masyarakat, menggunakan alat masak, membuat makanan sederhana sendiri, merapikan tempat tidur, menjaga kebersihan rumah, mengenal jenis uang elektronik, membelanjakan uang sesuai dengan harga barang, membuat produk tata boga sederhana, membuat produk jahit, membuat produk dari bahan dasar tanah, membuat produk souvenir, mendengarkan musik, melakukan aktivitas yang berkaitan dengan seni, dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan olahraga.
Capaian per Elemen
Merawat diri
Peserta didik mampu makan makanan berkuah, minum minuman dalam kemasan, mengenal tata cara makan dan minum dengan sopan, membuat makanan sederhana untuk diri sendiri, membuat minuman sederhana untuk diri sendiri, menghidangkan makanan untuk diri sendiri, memelihara kebersihan tangan dan kaki, serta melakukan mencuci rambut.
Mengurus Diri
Peserta didik mampu melepas kaus kaki, memakai kaus kaki, melepas sepatu bertali, memakai sepatu bertali, dan mengenakan aksesoris anting, kalung, bandana, menggunakan kopiah, dan topi.
Menolong Diri
Peserta didik mampu mengamankan diri dari bendabenda berbahaya (tajam, runcing, licin, dan panas), menggunakan alat pelindung diri sesuai kebutuhan secara mandiri, menghindari diri dari berbagai bentuk kekerasan seksual, mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm secara mandiri, mengenal cara melindungi diri dari bencana alam, membiasakan diri bersikap tenang dan berani, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa, serta melakukan simulasi cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri dengan bimbingan, serta mengobati luka pada organ vital.
Komunikasi
Peserta didik mampu berkomunikasi secara verbal dan nonverbal di lingkungan sekolah dengan berbantuan.
Sosialisasi
Peserta didik mampu melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan masyarakat.
Keterampilan Sederhana
Peserta didik mampu menggunakan alat masak, membuat makanan sederhana sendiri, merapikan tempat tidur, menjaga kebersihan rumah, mengenal jenis uang elektronik, membelanjakan uang sesuai dengan harga barang, membuat produk tataboga sederhana, membuat produk jahit, membuat produk dari bahan dasar tanah, dan membuat produk suvenir sesuai dengan budaya setempat.
Penggunaan Waktu Luang
Pada akhir fase, peserta didik mampu mendengarkan musik, melakukan aktivitas yang berkaitan dengan seni dalam rangka melestarikan budaya, serta melakukan aktivitas yang berkaitan dengan olahraga.