Fase C (Usia mental ± 8 tahun)
Progsus Hambatan Intelektual Tunagrahita
Capaian Umum
Pada akhir fase C, peserta didik mampu makan menggunakan alat (sendok dan garpu), minum menggunakan sedotan, dan cangkir. Peserta didik mampu mencuci wajah, membersihkan diri setelah buang air kecil dan besar, mengenali ciri-ciri pubertas secara fisik dan psikis pada laki-laki dan perempuan serta mampu menggunakan pembalut bagi wanita. Peserta didik mampu mengenakan dan menanggalkan pakaian berkancing. Berikutnya bagi peserta didik laki-laki mampu melepas dan memakai sepatu tanpa tali, menata rambut, memakai ikat pinggang, dan memakai minyak rambut. Kemudian bagi peserta didik perempuan mampu melepas dan memakai sepatu tanpa tali, menata rambut, memakai ikat pinggang, menggunakan jepit rambut, pita, dan bando. Selanjutnya peserta didik mampu mengidentifikasi dan menghindari tempat-tempat berbahaya, menggunakan alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain) secara mandiri, mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm tanda bahaya dengan bimbingan, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa, mengenali identitas diri dan keluarga, melakukan simulasi cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri (seperti, tersedak, tergelincir, terantuk batu, dan lain-lain) dengan bimbingan. Pada akhir fase ini juga peserta didik mampu berkomunikasi dengan lingkungan terdekat secara verbal dan nonverbal, melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan sekolah, makan dan minum dengan cara melayani sendiri, mengenal nilai uang, berbelanja barang sesuai kebutuhan, mengenal berbagai jenis pekerjaan di lingkungan masyarakat, serta memilih acara di televisi/internet dengan bimbingan.
Capaian per Elemen
Merawat diri
Peserta didik dapat makan menggunakan alat (sendok dan garpu), minum menggunakan sedotan, minum menggunakan cangkir, makan dan minum dengan cara melayani sendiri, mencuci wajah, membersihkan diri setelah buang air kecil dan besar, mengenali ciri-ciri pubertas secara fisik dan psikis pada laki-laki dan perempuan serta dapat menggunakan pembalut bagi wanita.
Mengurus Diri
Peserta didik mampu mengenakan dan menanggalkan pakaian berkancing. Berikutnya bagi peserta didik laki-laki mampu melepas dan memakai sepatu tanpa tali, menata rambut, memakai ikat pinggang, dan memakai minyak rambut. Kemudian bagi peserta didik perempuan mampu melepas dan memakai sepatu tanpa tali, menata rambut, memakai ikat pinggang, menggunakan jepit rambut, pita, dan bando.
Menolong Diri
Peserta didik mampu mengidentifikasi tempat-tempat berbahaya, menghindari tempat-tempat berbahaya, menggunakan alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain) secara mandiri, mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm tanda bahaya dengan bimbingan, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa, mengenali identitas diri dan keluarga, serta melakukan simulasi cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri (seperti, tersedak, tergelincir, terantuk batu, dan lain-lain) dengan bimbingan.
Komunikasi
Peserta didik mampu berkomunikasi dengan lingkungan terdekat secara verbal dan nonverbal.
Sosialisasi
Peserta didik mampu melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan sekolah.
Keterampilan Sederhana
Peserta didik dapat minum dengan cara melayani sendiri, mengenal nilai uang, berbelanja barang sesuai kebutuhan, dan mengenal berbagai jenis pekerjaan di lingkungan masyarakat.
Penggunaan Waktu Luang
Peserta didik mampu memilih acara di televisi/internet dengan bimbingan.