CP & ATP

Fase B (Usia mental ± 8 tahun)

Progsus Hambatan Intelektual Tunagrahita

Capaian Umum

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu makan menggunakan tangan dengan sikap yang benar tanpa bantuan, serta minum menggunakan gelas dengan sikap yang benar tanpa bantuan. Peserta didik mampu melakukan kegiatan mandi, menggosok gigi, dan menggunakan toilet. Berikutnya peserta didik mampu menanggalkan dan mengenakan pakaian luar (t-shirt), mengenal cara memilih pakaian dalam, memakai bedak (bagi peserta didik perempuan), dan menyisir rambut. Selanjutnya peserta didik mampu mengenal binatang buas dan jinak, menggunakan alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain) dengan bantuan, mengenal tanda-tanda bencana alam, cara penggunaan alat/benda untuk menyelamatkan diri, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, mencari pertolongan pada orang dewasa terutama yang dikenal anak, mengenali identitas keluarga, cara menjaga diri, dan cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan dir (seperti, tersedak, tergelincir, terantuk batu, dan lain-lain)i. Pada akhir fase ini, peserta didik juga mampu merespon simbol komunikasi sederhana secara verbal dan nonverbal, melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan kelas, menggunakan alat komunikasi sederhana, mengidentifikasi warna, gambar pada mata uang, mengenal jenis barang pada tempat belanja, melakukan tugas piket sekolah sesuai jadwal, melakukan permainan tradisional, serta menonton acara di televisi/internet dengan pengawasan.

Capaian per Elemen

Merawat diri

Peserta didik mampu makan menggunakan tangan dengan sikap yang benar tanpa bantuan, minum menggunakan gelas dengan sikap yang benar tanpa bantuan, melakukan kegiatan mandi, menggosok gigi, dan menggunakan toilet.

Mengurus Diri

Peserta didik mampu menanggalkan pakaian luar (tshirt), mengenakan pakaian luar (t-shirt), mengenal cara memilih pakaian dalam, memakai bedak (bagi peserta didik perempuan), dan menyisir rambut.

Menolong Diri

Peserta didik mampu mengenal binatang buas dan jinak, menggunakan alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain) dengan bantuan, mengenal tanda-tanda bencana alam, mengenal cara penggunaan alat/benda untuk menyelamatkan diri, melakukan penyelamatan diri dengan bimbingan, mencari pertolongan pada orang dewasa terutama yang dikenal anak, mengenali identitas keluarga, mengenali cara menjaga diri, serta mengenal cara mengatasi kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri (seperti, tersedak, tergelincir, terantuk batu, dan lain-lain).

Komunikasi

Peserta didik mampu merespon simbol komunikasi sederhana secara verbal dan nonverbal.

Sosialisasi

Peserta didik mampu melakukan orientasi dan adaptasi dengan lingkungan kelas.

Keterampilan Sederhana

Peserta didik mampu menggunakan alat komunikasi sederhana, mengidentifikasi warna dan gambar pada mata uang, mengenal jenis barang pada tempat belanja, dan melakukan tugas piket sekolah sesuai jadwal.

Penggunaan Waktu Luang

Peserta didik mampu melakukan permainan tradisional, dan menonton acara di televisi/internet dengan pengawasan.