CP & ATP

Fase A (Usia mental ≤ 7 tahun)

Progsus Hambatan Intelektual Tunagrahita

Capaian Umum

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenal alat makan dan minum dan cara menggunakannya, serta makan dan minum dengan bantuan. Peserta didik mengenal anggota tubuh, peralatan mandi, cara mencuci tangan, dan cara penggunaan toilet. Berikutnya peserta didik mampu menanggalkan dan mengenakan pakaian dalam, serta mengenal peralatan merias diri (sisir dan cermin) serta cara penggunaannya. Selanjutnya peserta didik mampu mengenal benda-benda berbahaya, alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain), bencana alam, serta alat dan benda untuk menyelamatkan diri, mengenali identitas diri, serta kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri. Pada akhir fase ini juga peserta didik mampu merespon simbol komunikasi nonverbal, beradaptasi dengan keluarga, mengambil dan menyimpan benda pada tempatnya, mengenal jenis uang kertas dan uang logam, tempat belanja, mengerjakan tugas sekolah dengan baik, serta menggunakan waktu untuk beristirahat.

Capaian per Elemen

Merawat diri

Peserta didik mampu mengenal alat makan dan minum, mengenal cara menggunakan alat makan dan minum, makan dan minum dengan bantuan, mengenal anggota tubuh, mengenal peralatan mandi, mengenal cara mencuci tangan, dan mengenal cara penggunaan toilet.

Mengurus Diri

Peserta didik mampu menanggalkan pakaian dalam, mengenakan pakaian dalam, mengenal peralatan merias diri (sisir dan cermin), dan mengenal cara penggunaan peralatan merias diri (sisir dan cermin)

Menolong Diri

Peserta didik mampu mengenal benda-benda berbahaya, mengenal alat pelindung diri (seperti masker, payung, helm, sabuk pengaman, dan lain-lain) mengenal bencana alam, mengenal alat dan benda untuk menyelamatkan diri, mengenali identitas diri, mengenal kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan keselamatan diri.

Komunikasi

Peserta didik mampu merespon simbol komunikasi nonverbal.

Sosialisasi

Peserta didik mampu beradaptasi dengan keluarga.

Keterampilan Sederhana

Peserta didik mampu mengambil dan menyimpan benda pada tempatnya, mengenal jenis uang kertas dan uang logam, mengenal tempat belanja, dan mengerjakan tugas sekolah dengan baik.

Penggunaan Waktu Luang

Peserta didik mampu mengambil dan menyimpan benda pada tempatnya, mengenal jenis uang kertas dan uang logam, mengenal tempat belanja, dan mengerjakan tugas sekolah dengan baik.