CP & ATP

Fase E (Usia mental ± 10 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Penglihatan Tunanetra

Capaian Umum

Pada akhir fase E, Peserta didik mampu memahami pengetahuan dan terampil berjalan mandiri menggunakan jalur pemandu (guiding block), pengenalan aksesibilitas lingkungan, dan penggunaan teknik tongkat di lingkungan yang diterapkan berbagai aktivitas sehari-hari dengan benar. Peserta didik mampu memahami dan melakukan aktivitas seharihari tentang membersihkan dan merawat halaman rumah, merawat alat-alat berkebun, memelihara hewan peliharaan, memahami dan mempersiapkan pasca sekolah di dalam dunia kerja serta menggunakan waktu luang dalam kehidupan seharihari, memahami masalah kesehatan reproduksi. Peserta didik mampu mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm, tanda-tanda alami/gejala alam akan adanya bencana, simulasi, membiasakan diri bersikap tenang dan berani, melakukan penyelamatan diri. Peserta didik terampil membaca dan menulis simbol Braille matematika, musik, kimia, fisika. Peserta didik mampu melakukan kunjungan di Lembaga sosial masyarakat dan pusat layanan masyarakat berkenaan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Capaian per Elemen

Orientasi dan Mobilitas

Peserta didik mampu mengenal jenis-jenis jalur pemandu, menggunakan jalur pemandu di lingkungan sekitar, menggunakan jalur pemandu dengan teknik tongkat. Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan yang aksesibel, menggunakan lingkungan yang aksesibel. Peserta didik mampu memahami dan melakukan pengetahuan dan keterampilan penggunaan Teknik tongkat di lingkungan dengan berbagai aktivitas seharihari meliputi kemampuan menggunakan teknik silang tubuh (cross body technique) di dalam ruangan, menggunakan teknik silang tubuh (cross body technique) untuk mendeteksi objek-rintangan, menggunakan teknik tongkat waktu turun-naik tangga, menggunakan teknik menelusur (trailing technique) di dalam ruangan, menggunakan teknik geser (Slide technique) di luar ruangan, menggunakan teknik sentuhan (touch technique) di luar ruangan, menggunakan teknik dua sentuhan (two touch technique) di luar ruangan, menggunakan teknik dua sentuhan (two touch technique) untuk menelusuri garis pengarah (shoreline), menggunakan teknik dorong (Pussing Slide Technique) di lingkungan terbatas, menggunakan Teknik geser dan sentuh (slide and touch techniques) di daerah pedesaan dan persawahan, semuanya dilakukan dengan bimbingan untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Sosial

Peserta didik mampu memahami dan melakukan pengetahuan dan keterampilan tentang aktivitas sehari-hari tentang membersihkan dan merawat halaman rumah, merawat alat-alat berkebun, memelihara hewan peliharaan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mampu memahami dan terampil memperbaiki pakaian sederhana meliputi memasukan benang ke jarum, memperbaiki pakaian, memasang kancing, Menjahit pakaian sobek. Peserta didik memahami dan mempersiapkan pasca sekolah di dalam dunia kerja dengan menjelaskan arti kerja, menyebutkan aturan kerja, menunjukkan sikap dalam bekerja. menyimpan, memelihara, menggunakan alat kerja, memahami keselamatan kerja. Peserta didik mampu menggunakan waktu efektif dan waktu senggang dengan kegiatan relaksasi: menggunakan waktu untuk beristirahat dan melakukan aktivitas rekreasi, menggunakan waktu luang dengan kegiatan hiburan: menonton acara favorit, mendengarkan musik, dan melakukan permainan tradisional, menggunakan waktu luang dengan menyalurkan hobi dan bakat: Keterampilan yang berkaitan dengan seni dan keterampilan yang berkaitan dengan olahraga, dan mengikuti kegiatan kursus. Peserta didik mampu mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm, tandatanda alami/gejala alam akan adanya bencana, melakukan simulasi, membiasakan diri bersikap tenang dan berani, melakukan penyelamatan diri. Peserta didik memahami masalah kesehatan reproduksi tentang keluarga berencana dan membesarkan anak. Semuanya dilakukan dengan bimbingan, untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Komunikasi

Peserta didik mampu terampil menulis dan membaca trigonometri, logaritma, Interval, Akord, dan In Akord, peluang, struktur atom, senyawa, periodik unsur, gerak lurus, hukum-hukum newton tentang gerak, memadu gerak, gerak melingkar, gravitasi. Peserta didik mampu melakukan kunjungan di lembaga social masyarakat (karang taruna, remaja masjid, dll) untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.