CP & ATP

Fase D (Usia mental ± 9 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Penglihatan Tunanetra

Capaian Umum

Pada Akhir Fase D, peserta didik mampu menggunakan teknik pratongkat; melakukan bepergian dengan teknik pendamping awas (sighted guide) di lingkungan sekitar, gerak dasar baris berbaris (Peraturan Baris-Berbaris), mengenal alat bantu orientasi dan mobilitas, menggunakan teknik tongkat, mengenali bagian-bagian dari tongkat, mengenali teknik dasar penggunaan tongkat menggunakan tongkat saat berjalan dengan pendamping awas, berjalan mandiri menggunakan jalur pemandu (guiding block). Peserta didik mampu memelihara kesehatan pribadi, merawat dan memelihara pakaian, menggunakan kompor dan tungku, menyiapkan makan dan minum, menggunakan etika di meja makan, menata makanan di meja makan, menyiapkan hidangan untuk tamu/keluarga, melakukan tata cara makan di tempat pesta, membersihkan dan merawat perabot rumah tangga, membersihkan dan merawat halaman rumah, menyapu dan membersihkan halaman, merawat tanaman, mengelola keuangan, memahami masalah kesehatan reproduksi, menstruasi/haid; pubertas, perilaku hidup bersih dan sehat pada masa pubertas. Peserta didik mampu mengenal tanda atau simbol jalur evakuasi, titik kumpul, bunyi sirine/alarm, tanda-tanda alami/gejala alam akan adanya bencana, simulasi, membiasakan diri bersikap tenang dan berani, melakukan penyelamatan diri, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa, Menceritakan kembali apa yang dialami dan akibat akibatnya, menenangkan diri melalui berdoa dan bernyanyi, serta mencari pertolongan pada orang dewasa terutama pada keluarga dan orang yang dia kenal. Peserta didik terampil menggunakan simbol Braille matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), musik, arab Braille dan menulis menggunakan alat komunikasi yang ada di masyarakat.

Capaian per Elemen

Orientasi dan Mobilitas

Peserta didik mampu melakukan bepergian dengan teknik pendamping awas (sighted guide) di lingkungan sekitar dengan melakukan gerakan dasar pendampingan awas (sighted guide), melakukan teknik jalan sempit, melakukan teknik pindah pegangan, melakukan teknik berbalik arah, melakukan teknik menerima dan menolak ajakan, melakukan teknik melewati pintu (pintu terbuka kanan mendekat, pintu terbuka ke arah kanan menjauh, pintu membuka ke kiri mendekat, pintu membuka ke kiri menjauh, pintu terbuka otomatis digeser), melakukan teknik naik turun tangga, melakukan teknik cara duduk (di kursi dengan meja dan tanpa meja), melakukan teknik masuk dan keluar mobil dan kendaraan umum, melakukan teknik escalator, elevator dan travelator, melakukan teknik penggunaan kamar kecil. Peserta didik mampu melakukan gerakan siap, gerakan berhitung, gerakan hadap kanan, gerakan hadap kiri, gerakan hormat, gerakan lencang kanan, gerakan lencang depan, gerakan balik kanan, gerakan hadap serong kanan, gerakan hadap serong kiri, gerakan istirahat di tempat, gerakan bubar jalan. Peserta didik mampu mengidentifikasi alat bantu orientasi dan mobilitas, mengenal alat bantu mobilitas, menggunakan alat bantu orientasi dan mobilitas sesuai dengan kebutuhan, membuat dan membaca peta timbul/taktual. Peserta didik mampu mengenal tongkat dengan menjelaskan jenis-jenis tongkat, menunjukan bagian tongkat, menjelaskan fungsi bagian tongkat, menjelaskan manfaat penggunaan tongkat, memilih jenis tongkat sesuai kebutuhan. Peserta didik mampu mengenal teknik dasar penggunaan tongkat dengan memegang tongkat dengan teknik yang benar, menyimpan tongkat dengan teknik dan posisi yang benar, menggunakan teknik geser (slide technique), menggunakan teknik sentuhan (touch technique), menggunakan teknik dua sentuhan (two touch technique)), menggunakan teknik silang tubuh (cross body technique), menggunakan teknik menelusur (trailing technique), menggunakan teknik sentuh dan geser (touch and slide techniques), menggunakan teknik dorong (pussing slide technique), menggunakan teknik meretas/menyapu (clearing technique), menyebrang jalan dengan menggunakan teknik yang benar, menyimpan tongkat waktu tidak dipergunakan. Peserta didik mampu memposisikan tongkat saat berjalan dengan pendamping awas, menyimpan tongkat saat berjalan dengan pendamping awas, pindah pegangan menggunakan tongkat saat berjalan dengan pendamping awas, berbalik arah menggunakan tongkat saat berjalan dengan pendamping awas, menggunakan tongkat waktu naik turun tangga saat berjalan dengan pendamping awas. Peserta didik mampu berjalan mandiri menggunakan jalur pemandu (guiding block) dengan mengenal jenis-jenis jalur pemandu, menggunakan jalur pemandu di lingkungan sekitar, menggunakan jalur pemandu dengan teknik tongkat. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian aksesibilitas, menjelaskan asas aksesibilitas, mengenal jenis aksesibilitas, menerapkan aksesibilitas lingkungan fisik untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Sosial

Peserta didik mampu memelihara kesehatan pribadi, mencukur kumis, jenggot, dan bulu lainnya. Peserta didik mampu mencuci dengan menggunakan mesin cuci, mengenakan aksesoris pakaian. Peserta didik mampu menggunakan tungku (kayu bakar, arang, briket), menggunakan kompor (minyak, gas, listrik), merawat tungku dan kompor. Peserta didik mampu menyiapkan makan dan minum dengan memilih bahan makanan yang sehat, memotong bahan makanan, mengupas bahan makanan, memasak bahan makanan, menggoreng bahan makanan, mengontrol kematangan makanan, menghidangkan makanan, menyimpan makanan, membuat minuman. Peserta didik mampu menata makanan di meja makan, menyiapkan hidangan untuk tamu/keluarga, melakukan tata cara makan di tempat pesta. Peserta didik mampu membersihkan dan merawat perabot rumah tangga dengan, menggunakan lampu (listrik, petromak, lampu minyak), membersihkan perabot rumah tangga, membersihkan kaca jendela dan pintu, mencuci gorden dan vitrase, menyapu lantai, mengepel lantai, membersihkan langit-langit menata perabot rumah tangga, menata ruang tamu, menata ruang makan, menata ruang tidur, menata dapur. Peserta didik mampu menyapu dan membersihkan halaman, merawat tanaman. Peserta didik mampu menyimpan uang ke dalam dompet/tas, membelanjakan uang. Peserta didik mampu mengenal sinyal/tanda-tanda alami/gejala alam akan adanya bencana, tanda atau simbol jalur evakuasi, simulasi, membiasakan diri bersikap tenang dan berani, melakukan penyelamatan diri, menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa, menceritakan kembali apa yang dialami dan akibatnya, menenangkan diri melalui berdoa dan bernyanyi, serta mencari pertolongan pada orang dewasa terutama pada keluarga dan orang yang dia kenal. Peserta didik memahami masalah Kesehatan Reproduksi (menstruasi/haid; pubertas; perilaku hidup bersih dan sehat pada masa pubertas) untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Komunikasi

Peserta didik terampil membaca dan menulis KPK dan FPB, statistika, nama sudut, bangun geometri, himpunan, persamaan dan pertidaksamaan, nama unsur dan senyawa, besaran dan satuan, abjad Yunani, elektronika, penulisan slur, tie, nuansa, not 1/6 dan ritmik, huruf arab Braille. Peserta didik menggunakan media komunikasi tradisional (kentungan, bedug, lonceng, dsb), alat komunikasi elektronik, perangkat lunak (aplikasi) di gawai (handphone) dan perangkat keras (PC dan Laptop) serta perangkat lainnya yang berbasis teknologi digital, menggunakan media komunikasi cetak Braille, menggunakan alat komunikasi audio, menggunakan media komunikasi dengan teknologi sederhana, menggunakan teknologi asistif, untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.