CP & ATP

Fase C (Usia mental ± 8 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Penglihatan Tunanetra

Capaian Umum

Pada Akhir Fase C, peserta didik mampu memahami konsep dasar orientasi dan mobilitas; mengetahui prinsip dan komponen keterampilan orientasi dengan menetapkan posisi diri dengan menggunakan indera yang masih berfungsi; menggunakan komponen keterampilan orientasi; menggunakan teknik pra tongkat; melakukan orientasi ruang; bepergian/berjalan mandiri dengan menggunakan teknik melindungi diri (self protection techniques). Peserta didik dapat memelihara kesehatan pribadi; menggunakan deodoran; merias diri (make up); merawat dan membersihkan telinga bagian luar dan dalam; merawat dan membersihkan hidung; mengobati luka dari benda-benda berbahaya; mengobati luka dari binatang berbahaya; mencuci dan membuang pembalut wanita; merawat dan memelihara pakaian; menyetrika pakaian; melipat pakaian; menyimpan pakaian dan menandai pakaian; menggunakan etika di meja makan dan menuangkan air ke dalam gelas. Peserta didik mampu mencari pertolongan, mengenal identitas diri dan keluarga, serta cara menjaga diri, memahami masalah kesehatan reproduksi. Peserta didik mampu menulis dan membaca paragraf, paragraf menggunakan tusing Braille, mengenal singkatan Braille (SIBRA), menulis simbol Braille matematika, musik, arab, dan melakukan komunikasi antar personal dengan baik dan ekspresif.

Capaian per Elemen

Orientasi dan Mobilitas

Peserta didik mampu menetapkan posisi diri menggunakan indera yang masih berfungsi dengan menetapkan di mana dirinya, menetapkan di mana atau ke mana tujuannya dan menetapkan bagaimana caranya untuk sampai ke tujuan. Peserta didik mampu menggunakan komponen keterampilan orientasi dengan menemukan ciri medan (landmark), menemukan tanda-tanda (clue), menetapkan sistem penomoran (numbering system), menggunakan arah mata angin (compass direction), menetapkan sistem pengukuran (measurement), melakukan pengakraban diri (self familiarization). Peserta didik mampu melakukan orientasi ruang dengan melakukan gerakan mengelilingi ruangan, melakukan gerakan menjelajahi ruangan, menemutunjukkan letak benda di ruangan. Peserta didik mampu bepergian/berjalan mandiri dengan menggunakan teknik melindungi diri (self protection techniques) dengan melakukan teknik tangan menyilang ke atas (upper hand), melakukan teknik tangan menyilang ke bawah (lower hand), melakukan kombinasi teknik tangan menyilang ke atas simbol bawah (upper hand dan lower hand), melakukan teknik merambat/menelusuri objek (trailing), melakukan kombinasi teknik tangan menyilang ke atas dan ke bawah (upper hand and lower hand) dengan teknik merambat/menelusuri objek (trailing), melakukan teknik tegak lurus dengan benda (squaring off), teknik mencari benda jatuh (drop objek), teknik jongkok tegak lurus, teknik jongkok dengan membungkuk untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Sosial

Peserta didik mampu memelihara kesehatan pribadi menggunakan deodoran, merias diri (make up), merawat dan membersihkan telinga bagian luar dan dalam, merawat dan membersihkan hidung, mengobati luka dari benda-benda berbahaya, mengobati luka dari binatang berbahaya. Peserta didik mampu merawat kesehatan reproduksi menggunakan dan melepas pembalut (simulasi), memakai, mencuci, dan membuang pembalut. Peserta didik mampu merawat dan memelihara pakaian, menyetrika pakaian, melipat pakaian, menyimpan pakaian, menandai pakaian. Peserta didik diharapkan dapat menggunakan etika di meja makan dengan mengambil nasi dari tempatnya, menyimpan nasi di atas piring, dan menuangkan air kedalam gelas. Peserta didik mampu mencari pertolongan, mengenal identitas diri dan keluarga, serta cara menjaga diri. Untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Komunikasi

Peserta didik mampu menulis paragraf, membaca paragraf, menggunakan tusing tanda kata dengan titik 4, tanda kata dengan titik 3-4-5-6, tanda bagian kata, tanda apit (titik 4), mengenal singkatan Braille (SIBRA), menulis tanda dasar (nama dan nilai not, tanda istirahat, tanda oktaf), tanda aksidental, tanda mula, dan tanda birama, huruf dasar arab (hijaiyah), tanda-tanda harakat dan tanda baca arab, pecahan, tanda satuan ukuran (panjang, keliling, berat, luas, isi, jumlah, mata uang, sudut), pangkat, akar, indek. Peserta didik mampu melakukan komunikasi antar personal dengan baik dan ekspresif dengan memperkenalkan diri dengan ekspresif, mengenal orang dengan ekspresif, bermain peran, melakukan Simulasi, melakukan ekspresi komunikasi formal, melakukan ekspresi komunikasi non formal, menggunakan komunikasi non verbal untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.