CP & ATP

Fase B (Usia mental ± 8 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Penglihatan Tunanetra

Capaian Umum

Pada akhir fase B, peserta didik mampu mengembangkan konsep bentuk, warna, lokasi, kegunaan, gerakan, waktu, kesadaran ruang dan lingkungan seperti melakukan gerakan jongkok, lari, meloncat, melompat, koordinasi, keseimbangan, gerakan dengan mengeksplorasi lingkungan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mampu memelihara kesehatan pribadi, seperti: memakai sepatu tanpa tali dan dengan tali. Peserta didik mampu merawat dan memelihara pakaian, seperti: memisahkan jenis pakaian, membedakan pakaian bersih dan kotor, memisahkan pakaian bersih dan kotor, mencuci dengan tangan, menjemur pakaian, mengangkat jemuran, memilih pakaian yang tepat. Peserta didik mampu menggunakan etika di meja makan, mengorientasi meja makan, menyimpan dan menggunakan serbet. Peserta didik mampu menggunakan etika di meja makan dengan makan makanan berkuah, makan makanan dalam kemasan, minum minuman dalam kemasan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mampu membersihkan alat makan dan minum, menyimpan alat makan dan minum pada tempatnya. Peserta didik mampu mengelola keuangan dengan mengenal jenis uang (uang kertas, uang logam), melipat uang kertas untuk membedakan nilai uang. Peserta didik mampu melakukan penyelamatan diri dan menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri. Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan tanda-tanda fisik bayi sampai dewasa laki dan perempuan. Peserta didik mampu membaca dan menulis kalimat, bilangan dan operasi sederhana, tusing Braille, memperagakan posisi menulis braille, membaca dan menulis bagi low vision, peserta didik mampu bergaul dengan etika yang benar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Capaian per Elemen

Orientasi dan Mobilitas

Peserta didik mampu mengembangkan konsep bentuk seperti menjelaskan dan mengelompokkan berbagai bentuk, mengenal dan menjelaskan konsep warna, menunjukkan dan menjelaskan benda yang ada di lingkungan dan lokasi terdekat, menjelaskan fungsi dan kegunaan suatu benda, menjelaskan dan melakukan, mengenal satuan waktu dan melakukan pengukuran waktu, kesadaran ruang dan lingkungan seperti melakukan gerakan jongkok sempurna dan loncat ke depan, jongkok sempurna dan melompat ke belakang, gerakan lari dengan bimbingan guru, tanpa bimbingan dan dengan pengarah, gerakan meloncat dari atas ke bawah dengan bimbingan guru, tanpa bimbingan, gerakan melompat sempurna, melompat dengan kaki satu, melompat menirukan katak, gerakan koordinasi seperti menendang bola, memukul, menarik, mengambil, menangkap, gerakan keseimbangan seperti berjalan dengan satu kaki, berjalan di atas papan titian, gerakan dengan mengeksplorasi lingkungan seperti mengelilingi ruangan, mencari objek di ruang atau di lingkungan, mengikuti sumber bunyi, mengambil objek semuanya dilakukan dengan bimbingan, untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Sosial

Peserta didik mampu memelihara kesehatan pribadi, memakai sepatu tanpa tali dan bertali, merawat dan memelihara pakaian dengan memisahkan jenis pakaian, membedakan pakaian bersih dan kotor, memisahkan pakaian bersih dan kotor, mencuci dengan dengan memakai tangan, menjemur dan mengangkat pakaian, memilih pakaian yang tepat. Menggunakan etika di meja makan, mengorientasi meja makan, menyimpan dan menggunakan serbet, makan makanan berkuah, makan makanan dalam kemasan, minum minuman dalam kemasan. Membersihkan alat makan dan minum, menyimpan alat makan dan minum pada tempatnya. Mengelola keuangan dengan mengenal jenis uang (uang kertas dan uang logam), melipat uang kertas untuk membedakan nilai uang. Peserta didik mampu melakukan penyelamatan diri dan menggunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri dengan bimbingan guru/orang tua, gunakan alat dan benda untuk menyelamatkan diri sendiri atau dengan arahan guru/orang dewasa. Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan tandatanda fisik bayi sampai dewasa laki dan perempuan menggunakan media yang relevan. Semuanya dilakukan untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.

Komunikasi

Peserta didik mampu memperagakan cara memasang kertas pada mesin ketik braille, menekan tombol mesin ketik braille, Peserta didik mampu membaca dan menulis kalimat Braille, bilangan dan operasi sederhana dan tulisan singkat (tusing) dengan tanda kata tunggal, tanda kata dengan titik 5, tanda kata dengan titik 4-5, memperagakan posisi duduk saat membaca, memperagakan posisi tangan saat membaca, posisi kertas saat membaca, gerakan tangan saat membaca, sikap membaca yang baik. Peserta didik menggunakan media baca tulis awas yang sesuai dengan kondisi peserta didik low vision, mengenal alat bantu membaca bagi low vision, menggunakan media baca tulis elektronik, Mengenal ragam ukuran tulisan awas yang sesuai kebutuhan, memodifikasi tulisan cetak awas bagi anak low vision, memodifikasi alat bantu tulis cetak awas bagi anak low vision, menulis tanda tangan dengan alat bantu, bergaul dengan etika yang benar seperti menunjukkan etika bertamu, etika berbicara dengan orang yang lebih muda, sebaya, dan lebih tua, etika menyapa orang, etika menengok orang sakit, etika meminta bantuan, etika memperkenalkan diri dilakukan dengan bimbingan untuk mewujudkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, bernalar kritis, gotong royong, mandiri, dan berkebinekaan global.