CP & ATP

Fase F (Usia mental ± 10 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Fisik Tunadaksa

Capaian Umum

Pada akhir fase F, peserta didik mampu mendorong benda (berat), menarik benda (berat), memotong benda dengan pisau/gunting (pola), melipat kertas/kain (berpola). Berjalan di tempat tanpa berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan, berjalan dengan cepat. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik /turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (berat). Menendang bola (kecil, sedang, besar), memasukan bola ke keranjang/sasaran (kecil), melempar bola (besar), melempar bola (besar) kedalam keranjang, menangkap bola, lempar tangkap. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran bola, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing. Peserta didik mampu mengenal dan memahami sistem reproduksi pria dan wanita, Membersihkan peralatan makan, memahami jenis makanan Indonesia dan internasional. Memahami cara memelihara kebersihan kulit, merias wajah sesuai kebutuhan. Memahami cara merawat dan memelihara pakaian secara mandiri. Makan dengan menggunakan alat (sendok, garpu dan pisau) secara mandiri. Mampu memahami cara menyeberang jalan dengan menggunakan alat dan menyebrang jalan dengan memperhatikan keselamatan diri. Mampu memahami bahaya pergaulan bebas, menghindari pergaulan bebas, memahami bahaya rokok, minuman keras dan NAPZA, menghindari rokok, dan minuman keras serta NAPZA. Peserta didik mampu melakukan diskusi sederhana, membeli barang sesuai kebutuhan, menghindari gosip dan topik kontroversi, memberikan umpan balik, melakukan diplomasi Mampu berkomunikasi dengan tidak menyinggung SARA, mengontrol emosi ketika berkomunikasi, mampu menulis dan mengirimkan email, memahami cara berkomunikasi di sosial media dengan bijak menggunakan gawai dengan bijak, merawat hewan peliharaan dan merawat tanaman.

Capaian per Elemen

Gerak, Koordinasi, Keseimbangan Tubuh dan Alat Bantu Gerak

Peserta didik mampu mendorong benda (berat), menarik benda (berat), memotong benda dengan pisau/gunting (pola), melipat kertas/kain (berpola). Berjalan di tempat tanpa berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan, berjalan dengan cepat. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik/turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (berat). Menendang bola (kecil, sedang, besar), memasukan bola ke keranjang/sasaran (kecil), melempar bola (besar), melempar bola (besar) kedalam keranjang, menangkap bola, lempar tangkap. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran bola, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Merawat, Mengurus, Dan Menyelamatkan Diri

Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengenal dan memahami sistem reproduksi pada pria dan wanita, Membersihkan peralatan makan, memahami jenis makanan Indonesia dan internasional. Memahami cara memelihara kebersihan, merias wajah sesuai kebutuhan. Memahami cara merawat dan memelihara pakaian secara mandiri, makan dengan menggunakan alat (sendok, garpu dan pisau) secara mandiri. Mampu memahami cara menyeberang jalan dengan menggunakan alat dan menyebrang jalan dengan memperhatikan keselamatan diri. Mampu memahami bahaya pergaulan bebas, menghindari pergaulan bebas, memahami bahaya rokok, minuman keras dan NAPZA, menghindari rokok, dan minuman keras serta NAPZA.

Berkomunikasi, Bersosialisasi dan Mengembangkan Kecakapan Hidup

Peserta didik mampu melakukan diskusi sederhana, membeli barang sesuai kebutuhan, menghindari gosip dan topik kontroversi, memberikan umpan balik, melakukan diplomasi Mampu berkomunikasi dengan tidak menyinggung SARA, mengontrol emosi ketika berkomunikasi, mampu menulis dan mengirimkan email, memahami cara berkomunikasi di sosial media dengan bijak, menggunakan gawai dengan bijak, merawat hewan peliharaan dan merawat tanaman.