CP & ATP

Fase E (Usia mental ± 10 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Fisik Tunadaksa

Capaian Umum

Pada akhir fase E, peserta didik mampu mendorong benda (berat), menarik benda (berat), memotong benda dengan pisau/gunting (pola), melipat kertas/kain (berpola). Berjalan di tempat tanpa berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan, berjalan dengan cepat. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik/turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (berat), berjalan dengan mendorong alat bantu. Menendang bola (kecil, sedang, besar), memasukan bola ke keranjang/sasaran (kecil), melempar bola (besar), melempar bola (besar) kedalam keranjang, menangkap bola, lempar tangkap. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran bola, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing. Peserta didik mampu mengenal dan memahami pentingnya kesehatan organ reproduksi. Memahami jenis pakaian dan mengenakan pakaian sesuai dengan peruntukannya. Memakai minyak wangi, memahami pentingnya mencukur rambut kumis dan jenggot, Memahami cara memelihara kebersihan kulit dan wajah, Disiplin menerapkan waktu makan, memahami jenis makanan (makanan sehat, makanan olahan, makanan instan, dan makan makanan sehat), memahami dan menghindari bahaya api/kebakaran, memahami dan menghindari bahaya listrik, memahami bahaya perundungan, menghindari perundungan, menjaga keselamatan dalam ruangan/tempat yang membahayakan, memahami cara naik dan turun tangga/lift/eskalator dengan menggunakan alat bantu, naik dan turun tangga/lift/eskalator tanpa alat bantu dengan memperhatikan keselamatan diri. Peserta didik mampu melakukan tanya jawab, bermain peran, bercerita kepada orang tua, menyampaikan dan menerima pesan suara (voice note), melakukan komunikasi tertulis (SMS, Chat WA), menyampaikan informasi dengan jelas, mendengarkan dengan aktif, mengajukan pertanyaan dengan singkat, menyampaikan hal yang berupa fakta. merapikan peralatan memasak, mampu memasak masakan sederhana dengan atau tanpa bantuan.

Capaian per Elemen

Gerak, Koordinasi, Keseimbangan Tubuh dan Alat Bantu Gerak

Peserta didik mampu mendorong benda (berat), menarik benda (berat), memotong benda dengan pisau/gunting (pola), melipat kertas/kain (berpola). Berjalan di tempat tanpa berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan, berjalan dengan cepat. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik/ turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (berat), berjalan dengan mendorong alat bantu. Menendang bola (kecil, sedang, besar), memasukan bola ke keranjang/sasaran (kecil), melempar bola (besar), melempar bola (besar) kedalam keranjang, menangkap bola, lempar tangkap. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran bola, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Merawat, Mengurus, Dan Menyelamatkan Diri

Pada akhir fase E peserta didik mampu, Mengenal dan memahami pentingnya kesehatan organ reproduksi. Memahami jenis pakaian dan mengenakan pakaian sesuai dengan peruntukannya. Memakai minyak wangi, memahami pentingnya mencukur rambut kumis dan jenggot, Memahami cara memelihara kebersihan kulit dan wajah, Disiplin menerapkan waktu makan, memahami jenis makanan (makanan sehat, makanan olahan, makanan instan, dan makan makanan sehat), memahami dan menghindari bahaya api/kebakaran, memahami dan menghindari bahaya listrik, memahami bahaya perundungan, menghindari perundungan, menjaga keselamatan dalam ruangan/tempat yang membahayakan, memahami cara naik dan turun tangga/ lift/ eskalator dengan menggunakan alat bantu, naik dan turun tangga/lift/eskalator tanpa alat bantu dengan memperhatikan keselamatan diri.

Berkomunikasi, Bersosialisasi dan Mengembangkan Kecakapan Hidup

Peserta didik mampu melakukan tanya jawab, bermain peran, bercerita kepada orang tua, menyampaikan dan menerima pesan suara (voice note), melakukan komunikasi tertulis (SMS, Chat WA), menyampaikan informasi dengan jelas, mendengarkan dengan aktif, mengajukan pertanyaan dengan singkat, menyampaikan hal yang berupa fakta. merapikan peralatan memasak, mampu memasak masakan sederhana dengan atau tanpa bantuan.