CP & ATP

Fase D (Usia mental ± 9 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Fisik Tunadaksa

Capaian Umum

Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendorong benda (sedang), menarik benda (sedang), memotong benda dengan pisau /gunting (lurus), melipat kertas/kain (berpola). Berjalan di tempat tanpa berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan, berjalan dengan cepat. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik /turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (ringan, berat), berjalan dengan mendorong alat bantu. Menendang bola (kecil, sedang, besar), memasukan bola ke keranjang/sasaran (sedang), merangkak masuk terowongan, melempar bola (sedang), melempar bola (sedang) kedalam keranjang, menangkap bola, lempar tangkap, memasukan benang pada jarum. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran bola, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing–masing. Peserta didik mampu memahami fungsi toilet, memelihara kebersihan toilet, menggunakan toilet dengan atau tanpa bantuan. Mampu menghemat air, memahami fungsi pembalut wanita, menggunakan pembalut wanita, mengenal dan memahami kesehatan reproduksi remaja, merias wajah sederhana, memakai deodorant, memahami cara mengenakan alat beribadah, memakai dan melepas pakaian untuk beribadah, memasang dan melepas kancing baju/Velcro/resleting/. Mampu memahami jenis makanan berkuah, makan makanan berkuah dengan atau tanpa bantuan, memahami cara membersihkan peralatan makan dan membersihkan peralatan makan dengan atau tanpa bantuan. Mampu memahami bahaya gempa, menghindari bahaya gempa, memahami jenis obat luka, mengobati luka dengan atau tanpa bantuan, memahami jenis hewan berbahaya, menghindari hewan berbahaya. Mampu memahami jenis pelecehan (Pelecehan verbal, fisik, seksual). Peserta Didik mampu menerima tamu, berkomunikasi melalui video call, berkomunikasi menggunakan nada suara yang ramah, menjaga sikap tubuh tetap sopan, menulis pesan/surat sederhana analog/digital, membaca buku/koran/ majalah analog/digital, bercerita kepada teman dan guru. Mampu mencuci pakaian, dengan atau tanpa bantuan, melipat pakaian, menyetrika pakaian dengan atau tanpa bantuan. Mampu menggerakan kepala ke atas dan ke bawah, melakukan gerakan tangan memukul benda, gerakan jongkok dan berdiri, melakukan gerakan badan memutar ke kiri dan ke kanan, melakukan gerak keseimbangan tubuh berjalan tanpa alat bantu, melakukan pernapasan dada dan perut, menaiki tangga tanpa alat dengan atau tanpa bantuan orang lain, memindahkan benda pada jarak jauh, melempar dan menangkap bola, mewarnai, menulis, meronce benda (manik-manik, kancing), melangkahkan kaki ke berbagai arah, bermain kelereng. Dan mampu memasang alat bantu sesuai kebutuhan tanpa bantuan.

Capaian per Elemen

Gerak, Koordinasi, Keseimbangan Tubuh dan Alat Bantu Gerak

Peserta didik mampu mendorong benda (sedang), menarik benda (sedang), memotong benda dengan pisau/gunting (lurus), melipat kertas/kain (berpola). Berjalan di tempat tanpa berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan, berjalan dengan cepat. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik/turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (ringan, berat), berjalan dengan mendorong alat bantu. Menendang bola (kecil, sedang, besar), memasukan bola ke keranjang/sasaran (sedang), merangkak masuk terowongan, melempar bola (sedang), melempar bola (sedang) kedalam keranjang, menangkap bola, lempar tangkap, memasukan benang pada jarum. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran bola, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Merawat, Mengurus, Dan Menyelamatkan Diri

Peserta didik mampu memahami fungsi toilet, memelihara kebersihan toilet, menggunakan toilet dengan atau tanpa bantuan, menghemat air, memahami fungsi pembalut Wanita, menggunakan pembalut wanita, mengenal dan memahami kesehatan reproduksi remaja. Merias wajah sederhana, memakai deodorant, memahami cara menggunakan alat beribadah, mengenalan dan melepas pakaian untuk beribadah, memasang dan melepas kancing baju/Velcro/resleting/. Mampu memahami jenis makanan berkuah, makan makanan berkuah dengan atau tanpa bantuan, memahami cara membersihkan peralatan makan, membersihkan peralatan makan dengan bantuan, memahami bahaya gempa, menghindari bahaya gempa, memahami jenis obat luka, mengobati luka dengan atau tanpa bantuan. Mampu memahami jenis hewan berbahaya, menghindari hewan berbahaya, dan memahami jenis pelecehan (Pelecehan verbal, fisik, seksual).

Berkomunikasi, Bersosialisasi dan Mengembangkan Kecakapan Hidup

Peserta didik mampu berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya, mampu menerima tamu, berkomunikasi melalui video call, berkomunikasi dengan menggunakan nada suara yang ramah, menjaga sikap tubuh tetap sopan. Mengkombinasikan komunikasi verbal dan nonverbal, Mampu menulis pesan atau surat sederhana analog/digital. Mampu membaca buku majalah analog/digital, bercerita kepada teman dan guru secara sederhana. Mampu mengumpulkan pakaian kotor, mencuci pakaian dengan atau tanpa bantuan, melipat pakaian serta menyetrika pakaian dengan atau tanpa bantuan.