CP & ATP

Fase C (Usia mental ± 8 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Fisik Tunadaksa

Capaian Umum

Pada akhir fase C peserta didik mampu meraih benda di samping kanan dan kiri, meraih benda di depan dan belakang, berjalan di tempat dengan berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik/turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik/turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (ringan), berjalan dengan mendorong sesuatu (kursi roda). Menendang bola (kecil), memasukan bola ke keranjang/sasaran (besar), merangkak masuk terowongan, melempar bola, menangkap bola, memukul benda dengan alat, memukul benda dengan tangan. Menulis, menggunting (kertas, plastik atau kain, memasukan benang pada jarum. mengambil benda dari berbagai posisi jurusan/letak. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing–masing. Peserta didik mampu memahami jenis peralatan merawat kuku, memotong/menggunting kuku tangan dan kuku kaki dengan atau tanpa bantuan, memelihara kebersihan kuku tangan dan kuku kaki, mengenal peralatan mencuci rambut, memahami fungsi peralatan mencuci rambut, dan mampu mencuci rambut dengan atau tanpa bantuan, mampu menyisir dan mengikat rambut. Mengenal dan memahami masa pubertas, memahami cara mengenakan jilbab atau topi, memahami manfaat memakai jilbab atau topi, memakai dan melepas jilbab atau topi, memakai sepatu tali dengan atau tanpa bantuan. Mampu memakai dan melepas dasi, memahami cara makan menggunakan alat, mampu makan dengan menggunakan alat (sendok dan garpu) secara mandiri. Memahami bahaya listrik, mampu menghindari bahaya listrik, memahami bahaya kendaraan, menghindari tempat-tempat yang membahayakan, memahami bahaya perundungan, menghindari/melawan perundungan. Peserta didik mampu mampu melakukan diskusi sederhana, menelpon dan menerima telepon, melakukan komunikasi tertulis (Short Message Service, Chat Whatsapp dll), memahami kosakata sopan dan santun, membaca cerita sederhana. Mampu mengenal tetangga terdekat, memahami tugas sebagai murid di sekolah, menggunakan gawai, dengan bijak, membersihkan meja makan dan meja belajar serta peralatan lainnya di rumah.

Capaian per Elemen

Gerak, Koordinasi, Keseimbangan Tubuh dan Alat Bantu Gerak

Peserta didik mampu meraih benda di samping kanan dan kiri, meraih benda di depan dan belakang, berjalan di tempat dengan berpegangan, berjalan dengan/tanpa bantuan. Berjalan dengan alat bantu, berjalan sendiri tanpa bantuan alat dengan sasaran, naik /turun tangga dengan alat bantu jalannya, naik/turun tangga tanpa alat bantu (berpegangan), naik/turun ke/dari kursi roda, jalan mengayuh roda sendiri. Berjalan dengan membawa benda (ringan), berjalan dengan mendorong sesuatu (kursi roda). Menendang bola (kecil), memasukan bola ke keranjang/sasaran (besar), merangkak masuk terowongan, melempar bola, menangkap bola, memukul benda dengan alat, memukul benda dengan tangan. Menulis, menggunting (kertas, plastik atau kain, memasukan benang pada jarum. mengambil benda dari berbagai posisi jurusan/letak. Melangkahkan kaki dalam berbagai pola dan bentuk, menendang bola berbagai ukuran, menahan bola. Memasang dan melepas alat bantu gerak yang melekat pada tubuh, menggunakan alat bantu yang bergerak, memakai alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Merawat, Mengurus, Dan Menyelamatkan Diri

Pada akhir fase C Peserta didik mampu memahami jenis peralatan merawat memotong/menggunting kuku tangan dan kuku kaki dengan atau tanpa bantuan, memelihara kebersihan kuku tangan dan kuku kaki. mengenal dan memahami masa pubertas. Mengenal jenis peralatan mencuci rambut, memahami fungsi peralatan mencuci rambut, mencuci rambut dengan atau tanpa bantuan, menyisir dan mengikat rambut. Memahami cara dan manfaat mengenakan jilbab atau topi, mengenakan dan melepas jilbab atau topi, memakai sepatu tali dengan atau tanpa bantuan, memakai dan melepas dasi sebagai atribut seragam sekolah. Memahami cara makan menggunakan alat, makan dengan menggunakan alat seperti sendok, dan garpu secara mandiri. Memahami bahaya listrik, menghindari bahaya listrik, memahami bahaya kendaraan, menghindari tempat-tempat yang membahayakan diri. Memahami dan menghindari bahaya perundungan.

Berkomunikasi, Bersosialisasi dan Mengembangkan Kecakapan Hidup

Peserta didik mampu melakukan diskusi sederhana, mampu berkomunikasi secara langsung dan berkomunikasi dengan menggunakan alat seperti telefon, memahami kosakata sopan dan santun Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Mampu melakukan komunikasi tertulis melalui tulisan tangan, Short Message Service, Chat Whatsapp, dan media komunikasi tertulis lainnya serta mampu membaca cerita sederhana. Mampu mengenal tetangga terdekat dan orang-orang di sekitarnya memahami tugas sebagai murid di sekolah, menggunakan gawai, dengan bijak, membersihkan meja makan dan meja belajar serta peralatan lainnya di rumah dengan atau tanpa bantuan.