CP & ATP

Fase B (Usia mental ± 8 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Fisik Tunadaksa

Capaian Umum

Pada akhir fase B, peserta didik mendorong benda (ringan), menarik benda (ringan), memukul benda dengan kepalan tangan, melipat kertas/kain (sederhana), meremas–remas benda, meraih benda di atas kepala. Meluruskan posisi tumit, menggerakan kaki ke arah kanan dan kiri, jongkok dengan berpegangan, berdiri dengan/tanpa bantuan, mengangkat tumit, mengayuh/meliukkan bahu ke kanan dan ke kiri, membungkuk ke depan dan ke belakang, meliukkan badan ke kanan dan ke kiri. Gerak pernafasan dada dengan irama/hitungan, gerak pernafasan perut dengan irama/hitungan. Melangkah dengan pola, melangkah dan berlenggang dengan wajar dan benar, berjalan dengan merayap di dinding. Mengambil benda dari tempat yang lebih tinggi dibawa ke tempat yang rendah/sebaliknya. Merobek (kertas, plastik atau kain), melipat/menempel kertas, mewarnai gambar, meronce manik–manik. Meletakkan benda dengan berbagai posisi, mengambil benda (ringan) dari berbagai posisi, menyususn benda dari yang panjang berurutan sampai yang terpendek, menyusun berbagai balok kayu, membongkar/pasang puzzle. Peserta didik mampu menjaga kebersihan mulut, hidung dan telinga, mengenal dan memahami pentingnya mandi untuk menjaga kesehatan tubuh, melakukan kegiatan mandi dengan atau tanpa bantuan, memelihara kebersihan tubuh, membersihkan diri setelah buang air kecil dan air besar secara mandiri, mengenal dan memahami jenis kelamin laki-laki dan perempuan, mengenal dan memahami penggunaan pakaian sesuai dengan jenis kelamin, mengenal dan memahami bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, memahami pentingnya saling menjaga dan menghormati terhadap lawan jenis, memahami cara mengenakan dan melepas kaos kaki dan sepatu, mengenakan dan melepas kaos kaki, memakai dan melepas sepatu tanpa tali dengan atau tanpa bantuan, makan dengan menggunakan tangan atau anggota tubuh lain yang dapat difungsikan dengan mandiri, mampu menggunakan sedotan untuk minum, dengan atau tanpa bantuan, dapat mengamankan diri dari benda-benda berbahaya (benda tajam, runcing, licin, dan panas), memahami bahaya banjir, menghindari bahaya banjir, berhati-hati/menghindari ajakan atau bujukan orang asing/orang yang tidak dikenal, menghindari makan makanan berbahaya (makanan basi, makanan beracun). Peserta didik mampu melakukan tanya jawab, bermain peran, memahami keterampilan komunikasi non-verbal (mengangguk, menggeleng dll), dapat berbicara menggunakan kata-kata positif dan singkat, menyampaikan dan menerima pesan lisan, membeli barang sesuai kebutuhan, mengenal saudara dari ayah dan ibu, bercerita kepada orang tua, bepergian bersama keluarga, mengikuti kegiatan sekolah secara mandiri, dapat membereskan tempat tidur.

Capaian per Elemen

Gerak, Koordinasi, Keseimbangan Tubuh dan Alat Bantu Gerak

Peserta didik mendorong benda (ringan), menarik benda (ringan), memukul benda dengan kepalan tangan, melipat kertas/kain (sederhana), meremas – remas benda, meraih benda di atas kepala. Meluruskan posisi tumit, menggerakan kaki ke arah kanan dan kiri, jongkok dengan berpegangan, berdiri dengan/tanpa bantuan, mengangkat tumit. mengayuh/meliukkan bahu ke kanan dan ke kiri, membungkuk ke depan dan ke belakang, meliukkan badan ke kanan dan ke kiri. Gerak pernafasan dada dengan irama/hitungan, gerak pernafasan perut dengan irama/hitungan. Melangkah dengan pola, melangkah dan berlenggang dengan wajar dan benar, berjalan dengan merayap di dinding. Mengambil benda dari tempat yang lebih tinggi dibawa ke tempat yang rendah/sebaliknya. Merobek (kertas, plastik atau kain), melipat/menempel kertas, mewarnai gambar, meronce manik–manik. Meletakkan benda dengan berbagai posisi, mengambil benda (ringan) dari berbagai posisi, menyususn benda dari yang panjang berurutan sampai yang terpendek, menyusun berbagai balok kayu, membongkar/pasang puzzle.

Merawat, Mengurus, Dan Menyelamatkan Diri

Pada akhir fase B, peserta didik mampu menjaga kebersihan mulut, hidung dan telinga, mencuci mulut, hidung dan telinga, memahami jenis peralatan mandi, menjelaskan fungsi peralatan mandi, memahami pentingnya mandi untuk menjaga kesehatan tubuh, melakukan kegiatan mandi dengan atau tanpa bantuan, memelihara kebersihan tubuh, membersihkan diri setelah buang air kecil dan air besar secara mandiri, mengenal dan memahami jenis kelamin laki-laki dan perempuan, mengenal dan memahami penggunaan pakaian sesuai dengan jenis kelamin, memahami pentingnya saling menjaga dan menghormati terhadap lawan jenis, mengenal dan memahami bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain, mampu memahami cara mengenakan dan melepas kaos kaki dan sepatu, memakai dan melepas kaos kaki, memakai dan melepas sepatu tanpa tali dengan atau tanpa bantuan, makan dengan menggunakan tangan atau anggota tubuh lain yang dapat difungsikan dengan mandiri, mampu menggunakan sedotan untuk minum dengan atau tanpa bantuan, mampu mengamankan diri dari bendabenda berbahaya (benda tajam, runcing, licin, dan panas), memahami bahaya banjir, menghindari bahaya banjir, berhati-hati/menghindari ajakan atau bujukan orang asing/orang yang tidak dikenal, menghindari makan makanan berbahaya (makanan basi, makanan beracun).

Berkomunikasi, Bersosialisasi dan Mengembangkan Kecakapan Hidup

Peserta didik mampu melakukan tanya jawab, bermain peran, memahami keterampilan komunikasi non-verbal (mengangguk, menggeleng dll), mampu berbicara menggunakan kata-kata positif dan singkat, menyampaikan dan menerima pesan lisan, membeli barang sesuai kebutuhan, mampu mengenal saudara dari ayah dan ibu, bercerita kepada orang tua, bepergian bersama keluarga, mengikuti kegiatan sekolah secara mandiri, membereskan tempat tidur dan kamar tidur dengan atau tanpa bantuan.