CP & ATP

Fase A (Usia mental ≤ 7 tahun)

Progsus Dengan Hambatan Fisik Tunadaksa

Capaian Umum

Pada akhir Fase A, peserta didik mampu mengenal anggota tubuh, Mengenal berbagai arah (depan, belakang, kanan, kiri, atas dan bawah), Mengenal berbagai arah sesuai mata angin (utara, selatan, barat dan timur), mengenal posisi, memposisikan tubuh tegak, tubuh menghadap depan, tubuh menghadap kanan, tubuh menghadap kiri, tubuh menghadap belakang. Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap/duduk, mempertahankan kepala tegak dalam posisi duduk, merangkak dan berdiri, gerakan kepala dengan beban/benda diatas kepala, menggerakan kepala ke kanan dan ke kiri, keatas dan ke bawah, serta kearah melipat, menggerakan kepala berputar ke kiri dan ke kanan, menggerakan kepala mengikuti irama. Menggerakan pergelangan tangan, menggerakan jari, mengangkat tangan ke atas, mengangkat tangan ke samping kanan dan kiri. Menggerakan kaki ke arah depan, berselonjoran, menekuk lutut, melipat kaki. Mengangkat bahu naik turun, menggerakan bahu ke depan dan ke belakang. Bergerak sesuai dengan kemampuan, merangkak dengan gerakan yang benar, berjalan dengan paralel bar. Peserta didik mampu mengenal dan memahami alat kebersihan tubuh, mencuci dan memelihara kebersihan tangan dan kaki, mencuci muka dan menggosok gigi, menjaga kebersihan gigi dengan atau tanpa bantuan. Membersihkan diri setelah buang air kecil dan air besar. Memahami cara mengenakan dan melepas pakaian dalam, mengenakan dan melepas pakaian, mengenakan dan melepas kemeja/blus/rok/celana. Mengenal alat makan dan minum, makan menggunakan tangan. minum menggunakan gelas atau cangkir. Mengenal benda-benda berbahaya (tajam, runcing, licin, dan panas), memahami bahaya api/ kebakaran, menghindari bahaya api, menghindari menerima makanan/ minuman dari orang yang tidak dikenal. Menghindari bahaya binatang. Peserta didik mampu melakukan kontak mata, terlibat dalam percakapan sederhana, menyampaikan dan menerima pesan lisan sederhana, mengenal simbol-simbol bahasa sederhana, mengenal keluarga inti, mengenal guru dan teman di Sekolah, mengetahui alamat tempat tinggal. Belanja ke warung/toko dengan didampingi. Membereskan alat-alat tulis.

Capaian per Elemen

Gerak, Koordinasi, Keseimbangan Tubuh dan Alat Bantu Gerak

Peserta didik mampu mengenal anggota tubuh, menunjukkan anggota tubuh, menyebutkan anggota tubuh. Mengenal berbagai arah (depan, belakang, kanan, kiri, atas dan bawah), mengenal berbagai arah sesuai mata angin (utara, selatan, barat dan timur), mengenal posisi, memposisikan tubuh tegak, tubuh menghadap depan, tubuh menghadap kanan, tubuh menghadap kiri, tubuh menghadap belakang. Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap /duduk, mempertahankan kepala tegak dalam posisi duduk, merangkak dan berdiri, gerakan kepala dengan beban /benda diatas kepala, menggerakan kepala ke kanan dan ke kiri, keatas dan ke bawah, serta kearah melipat, menggerakan kepala berputar ke kiri dan ke kanan, menggerakan kepala mengikuti irama. Menggerakan pergelangan tangan, menggerakan jari, mengangkat tangan ke atas, mengangkat tangan ke samping kanan dan kiri. Menggerakan kaki ke arah depan, berselonjoran, menekuk lutut, melipat kaki. Mengangkat bahu naik turun, menggerakan bahu ke depan dan ke belakang. Bergerak sesuai dengan kemampuan, merangkak dengan gerakan yang benar, berjalan dengan paralel bar.

Merawat, Mengurus, Dan Menyelamatkan Diri

Pada akhir fase A, peserta didik mampu mengenal alat kebersihan tubuh, memahami fungsi alat kebersihan tubuh, mencuci tangan dan kaki dengan atau tanpa bantuan, memelihara kebersihan tangan dan kaki, mencuci muka dan menggosok gigi dengan atau tanpa bantuan. Mampu memelihara kebersihan tangan dan kaki, menjaga kebersihan gigi, membersihkan diri setelah buang air kecil dan air besar dengan atau tanpa bantuan. Memahami cara mengenakan dan melepas pakaian dalam, mengenakan dan melepas pakaian dalam dengan atau tanpa bantuan, mengenakan dan melepas kemeja/blus, celana/rok. Mampu mengenal alat makan dan minum, makan menggunakan tangan dengan atau tanpa bantuan, minum mengunakan gelas atau cangkir. Mampu mengenal benda-benda berbahaya (tajam, runcing, licin, dan panas). Memahami bahaya api/kebakaran, menghindari bahaya api, menghindari menerima makanan/minuman dari orang yang tidak dikenal, dan mampu menghindari bahaya binatang.

Berkomunikasi, Bersosialisasi dan Mengembangkan Kecakapan Hidup

Peserta didik mampu melakukan kontak mata, terlibat dalam percakapan sederhana, menyampaikan dan menerima pesan lisan sederhana. Mampu mengenal simbol-simbol bahasa sederhana, mengenal keluarga inti. Mengenal guru dan teman di sekolah, mengetahui alamat tempat tinggal, pergi dan pulang sekolah secara mandiri atau dengan diantar. Mampu berbelanja ke warung/toko dengan atau tanpa didampingi, dan mampu membereskan alatalat tulis serta benda-benda di sekitarnya.