CP & ATP

Fase A (Usia mental ≤ 7 tahun)

Progsus Dengan Autisme

Capaian Umum

Pada akhir fase A peserta didik mampu melakukan dan mempertahankan kontak mata ketika berinteraksi, memahami instruksi sederhana/perintah satu tahap (diam, duduk, berdiri, dsb), mengenal namanya dan memberi respon ketika dipanggil/disebut baik secara bahasa lisan maupun bahasa tubuh (gesture), meniru bunyi/kata/kalimat sederhana, mengenali perilaku kooperatif dan tidak kooperatif, mengenal aturan dan tata nilai di berbagai lingkungan, mengenal beragam ungkapan emosi, mengenal berbagai stimulasi indera penglihatan (visual), mengenal berbagai stimulasi indera pendengaran (auditory), mengenal berbagai stimulasi indera penciuman (olfactory), mengenal berbagai stimulasi indera pengecap (gustatory), mengenal berbagai stimulasi indera peraba (tactile), mengenal gerakan dasar koordinasi otot dan persendian (proprioseptif), menirukan gerakan motorik halus dan kasar (meremas, menyobek, melompat, berguling, keterampilan 2 jari terampil, keterampilan 3 jari terampil, dsb), mengenal kegiatan toilet training dengan benar, mengenal cara makan dan minum dengan baik, mengenal cara berpakaian, mengenal protokol kesehatan.

Capaian per Elemen

Interaksi Sosial

Peserta didik mampu melakukan dan mempertahankan kontak mata ketika berinteraksi.

Komunikasi

Peserta didik mampu memahami instruksi sederhana/perintah satu tahap (diam, duduk, berdiri, dsb), mengenal namanya dan memberi respon ketika dipanggil/disebut baik secara bahasa lisan maupun bahasa tubuh (gesture), meniru bunyi/kata/kalimat sederhana.

Perilaku

Peserta didik mampu meniru, memahami dan menunjukkan perilaku kooperatif.

Sensorik motoric

Peserta didik mampu mengenal berbagai stimulasi indera penglihatan (visual), mengenal berbagai stimulasi indera pendengaran (auditory), mengenal berbagai stimulasi indera penciuman (olfactory), mengenal berbagai stimulasi indera pengecap (gustatory), mengenal berbagai stimulasi indera peraba (tactile), mengenal gerakan dasar koordinasi otot dan persendian (proprioseptif), menirukan gerakan motorik halus dan kasar (meremas, menyobek, melompat, berguling, keterampilan 2 jari terampil, keterampilan 3 jari terampil, dan sebagainya).

Kemandirian

Peserta didik mampu mengenal kegiatan toilet training dengan benar, mengenal cara makan dan minum dengan baik, mengenal cara berpakaian, mengenal protokol kesehatan.