Fase E (Usia mental ± 10 tahun)
Keterampilan Tata Boga
Capaian Umum
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3); memahami pengertian resep masakan, mengetahui jenis alat memasak; mengetahui jenis bahan makanan; memahami cara penggunaan dan perawatan alat memasak; memahami cara penanganan bahan makanan; mengetahui cara penyimpanan alat dan bahan; menerapkan pembuatan bumbu dasar, soup, sauce, sandwich; membuat hidangan berbahan dasar nabati dan hidangan nasi berbumbu; serta menerapkan cara penyajian, penyimpanan, dan pengemasan hidangan. Fase E berdasarkan elemen seperti berikut ini.
Capaian per Elemen
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: mematuhi prosedur kesehatan dan keselamatan kerja dengan disiplin dan bergotong royong; menggunakan alat pelindung diri (APD); menerapkan penggunaan alat pelindung diri (APD); memahami tata cara menggunakan alat pemadam kebakaran/APAR memahami tata cara penggunaan alat P3K; menerapkan prosedur personal hygiene, food hygiene dan kitchen hygiene.
Persiapan Alat dan Bahan
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: membaca dan memahami isi resep serta bernalar kritis dalam mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan; menyiapkan alat dan bahan; membersihkan alat dan bahan yang perlu dibersihkan terlebih dahulu; menyimpan bahan yang sudah disiapkan pada wadah yang sesuai; serta melakukan inventaris alat dan bahan bahan dengan tertib dan jujur.
Pengolahan/Mengolah Makanan dan Minuman
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: membaca dan memahami isi resep serta bernalar kritis dalam melaksanakan proses pembuatan bumbu dasar, pembuatan soup, pembuatan dan penyimpanan gravy/sauce, pembuatan sandwich, memasak hidangan berbahan utama nabati dan hidangan nasi berbumbu.
Penyajian Makanan dan Minuman
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: membaca dan memahami isi resep serta bernalar kritis dalam melaksanakan proses penyajian, penyimpanan atau pengemasan hidangan dengan memberikan garnish berdasarkan kreativitas yang dimiliki peserta didik.
Debugging info
{ "compiled": { "params": { "level": "slb", "subject": "keterampilan-tata-boga", "phase": "e" }, "phase": "e", "pdfList": [ { "pdf": "https://drive.google.com/file/d/1CRRxjZa_ia9RZZKtRX9aeDwnR0Hra-jD/view?usp=sharing", "tags": "" } ], "generalInfo": "Pada akhir Fase E, peserta didik dapat menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3); memahami pengertian resep masakan, mengetahui jenis alat memasak; mengetahui jenis bahan makanan; memahami cara penggunaan dan perawatan alat memasak; memahami cara penanganan bahan makanan; mengetahui cara penyimpanan alat dan bahan; menerapkan pembuatan bumbu dasar, soup, sauce, sandwich; membuat hidangan berbahan dasar nabati dan hidangan nasi berbumbu; serta menerapkan cara penyajian, penyimpanan, dan pengemasan hidangan. Fase E berdasarkan elemen seperti berikut ini.", "elements": [ { "name": "Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)", "content": "Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: mematuhi prosedur kesehatan dan keselamatan kerja dengan disiplin dan bergotong royong; menggunakan alat pelindung diri (APD); menerapkan penggunaan alat pelindung diri (APD); memahami tata cara menggunakan alat pemadam kebakaran/APAR memahami tata cara penggunaan alat P3K; menerapkan prosedur personal hygiene, food hygiene dan kitchen hygiene." }, { "name": "Persiapan Alat dan Bahan", "content": "Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: membaca dan memahami isi resep serta bernalar kritis dalam mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan; menyiapkan alat dan bahan; membersihkan alat dan bahan yang perlu dibersihkan terlebih dahulu; menyimpan bahan yang sudah disiapkan pada wadah yang sesuai; serta melakukan inventaris alat dan bahan bahan dengan tertib dan jujur." }, { "name": "Pengolahan/Mengolah Makanan dan Minuman", "content": "Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: membaca dan memahami isi resep serta bernalar kritis dalam melaksanakan proses pembuatan bumbu dasar, pembuatan soup, pembuatan dan penyimpanan gravy/sauce, pembuatan sandwich, memasak hidangan berbahan utama nabati dan hidangan nasi berbumbu." }, { "name": "Penyajian Makanan dan Minuman\r\n", "content": "Pada akhir Fase E, peserta didik dapat: membaca dan memahami isi resep serta bernalar kritis dalam melaksanakan proses penyajian, penyimpanan atau pengemasan hidangan dengan memberikan garnish berdasarkan kreativitas yang dimiliki peserta didik." } ] }, "subject": "Keterampilan Tata Boga" }