CP & ATP

Fase F (Usia mental ± 10 tahun)

Keterampilan Penyiaran Radio

Capaian Umum

Pada akhir Fase F, peserta didik memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar/prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang pekerjaan pada tingkat teknis, spesifik, dan kompleks berkenaan dengan penyiaran radio dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia. Peserta didik melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, mengolah informasi, dan mengikuti prosedur yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sesuai dengan bidang pekerjaan penyiaran radio secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif pada ranah abstrak dan konkret sehingga menampilkan kinerja yang terukur sesuai dengan standar terkait pengembangan dari sekolah dan masyarakat global.

Capaian per Elemen

Pelaksanaan Tugas Pemeriksaan

Pada akhir Fase F, peserta didik didik memahami Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan di tempat kerja; mulai menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan di tempat kerja dari hal yang paling sederhana; memeriksa kondisi peralatan radio untuk kepentingan on air; memastikan kelengkapan peralatan radio yang akan digunakan on air.

Penyiaran Radio

Pada akhir Fase F, peserta didik menyiarkan siaran radio secara on-air; dengan percaya diri melaksanakan siaran berita tentang tokoh dengan lingkup yang lebih luas secara on-air; menyiarkan musik jingle identitas radio, musik jingle musik, musik jingle iklan; melaksanakan siaran radio tentang berita terkini; menyiarkan musik berdasarkan tema siaran.

Penulisan Naskah

Pada akhir Fase F, peserta didik menulis naskah berita tentang tokoh dalam lingkup yang lebih luas beserta tagline-nya; menulis naskah wawancara tentang hal-hal yang terjadi di luar lingkungan terdekat beserta tagline-nya; menulis naskah musik jingle identitas radio, musik jingle musik, musik jingle iklan beserta tagline-nya; menulis naskah siaran berita terkini beserta tagline-nya; menulis naskah musik berdasarkan tema siaran beserta taglinenya; menulis naskah wawancara berdasarkan tema siaran beserta tagline-nya.

Penyusunan Siaran Radio

Pada akhir Fase F, peserta didik menyusun siaran radio tentang tokoh terkenal dengan lingkup yang luas; menyusun siaran musik jingle identitas radio, music jingle music, music jingle iklan; menyusun siaran berita wawancara tentang hal-hal yang terjadi di luar lingkungan terdekat; menyusun siaran radio berita terkini; menyusun siaran berita wawancara berdasarkan tema siaran; dan menyusun siaran music berdasarkan tema siaran.

Penyelenggaraan Siaran Radio

Pada akhir Fase F, peserta didik menyelenggarakan siaran radio siaran tentang tokoh terkenal dengan lingkup yang luas; menyelenggarakan acara siaran music jingle identitas radio, musik jingle music, music jingle iklan; menyelenggarakan acara siaran berita wawancara tentang hal-hal yang terjadi di luar lingkungan terdekat; menyelenggarakan siaran radio tentang berita terkini berdasarkan Prosedur Operasi Standar (POS) yang berlaku; menyelenggarakan siaran radio tentang wawancara berdasarkan tema siaran berdasarkan POS yang berlaku; dan mengembangkan struktur penyiaran radio.