CP & ATP

Fase D (Usia mental ± 9 tahun)

Keterampilan Penyiaran Radio

Capaian Umum

Pada akhir Fase D, peserta didik memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar/prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang pekerjaan pada tingkat teknis, spesifik, dan kompleks berkenaan dengan penyiaran radio dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia. Peserta didik melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, mengolah informasi, dan mengikuti prosedur yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sesuai dengan bidang pekerjaan penyiaran radio secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif pada ranah abstrak dan konkret sehingga menampilkan kinerja yang terukur sesuai dengan standar terkait pengembangan dari sekolah dan masyarakat global.

Capaian per Elemen

Pelaksanaan Tugas Pemeriksaan

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat memahami Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan di tempat kerja; menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan di tempat kerja dari hal yang paling sederhana; menguraikan media radio dan menggunakan media radio dengan tepat; menerangkan etika penyiaran siaran radio berita; memahami jenis dan fungsi peralatan siaran radio; mengelompokkan jenis dan fungsi peralatan siaran radio; menguraikan sistem/rangkaian peralatan siaran radio; mengidentifikasi sistem/ rangkaian peralatan siaran radio.

Penyiaran Radio

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat menerangkan etika penyiaran siaran radio berita; peserta didik melaksanakan etika penyiaran siaran radio berita dengan percaya diri; menguraikan etika penyiaran siaran radio hiburan; melaksanakan etika penyiaran siaran radio hiburan sesuai dengan sasaran penonton; menerangkan etika penyiaran siaran radio wawancara; serta melaksanakan etika penyiaran siaran radio wawancara dengan baik dan percaya diri.

Penulisan Naskah

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat melaporkan naskah pembuka dan naskah penutup siaran radio berita dikuatkan dengan membuat naskah pembuka dan naskah penutup siaran radio berita; menceritakan naskah siaran berita beserta tagline-nya tentang peristiwa di lingkungan terdekat dengan siswa; merancang naskah siaran berita tentang peristiwa di lingkungan terdekat dengan siswa beserta tagline-nya; mencontohkan naskah siaran hiburan musik, lagu yang sedang popular, dan lagu anak-anak beserta tagline-nya; membuat naskah siaran hiburan music, lagu yang sedang popular dan lagu anak-anak beserta tagline-nya; menguraikan secara lisan naskah wawancara beserta tagline-nya tentang hal-hal yang terjadi di lingkungan terdekat; membuat naskah wawancara tentang hal-hal yang terjadi di lingkungan terdekat beserta tagline-nya; membedakan naskah pembuka dan naskah penutup siaran radio hiburan musik lagu religi dengan jenis musik lainnya beserta tagline-nya; membuat naskah pembuka dan naskah penutup siaran radio hiburan music lagu religi beserta tagline-nya; memperluas naskah siaran berita beserta tagline-nya tentang tokoh terdekat; menyimulasikan naskah siaran berita beserta tagline-nya tentang tokoh terdekat; menggali naskah siaran hiburan musik lagu religi beserta tagline-nya; menyusun naskah siaran hiburan musik lagu religi dengan baik beserta tagline-nya; menguraikan naskah wawancara tentang tokoh di lingkungan terdekat beserta tagline-nya; mencontohkan naskah pembuka dan naskah penutup siaran radio wawancara tentang tokoh di luar lingkungan terdekat beserta tagline-nya; merancang naskah pembuka dan naskah penutup siaran radio wawancara tentang tokoh di luar lingkungan terdekat beserta taglinenya; menceritakan naskah siaran berita beserta tagline-nya tentang fenomena alam di luar lingkungan terdekat; menggunakan naskah siaran berita berita beserta tagline-nya tentang fenomena alam di luar lingkungan terdekat; mencontohkan naskah siaran hiburan musik berdasarkan genre pop, dangdut, dan rock beserta tagline-nya; menyusun naskah siaran hiburan musik berdasarkan genre pop, dangdut dan rock beserta tagline-nya; merinci naskah wawancara beserta taglinenya tentang tokoh di luar lingkungan terdekat; mengatur naskah wawancara beserta taglinenya tentang tokoh di luar lingkungan terdekat.

Penyusunan Siaran Radio

Pada akhir Fase D, peserta didik memahami jenis acara dan jadwal siaran radio tentang peristiwa di lingkungan terdekat dengan siswa; melalui stimulasi dan demonstrasi peserta didik menyusun acara dan jadwal siaran radio tentang peristiwa di lingkungan terdekat dengan siswa; merumuskan naskah wawancara tentang tokoh di lingkungan terdekat; menguraikan jenis acara dan jadwal siaran radio tentang tokoh terdekat; menyusun acara dan jadwal siaran radio tentang tokoh terdekat; menguraikan jenis acara dan jadwal siaran radio tentang tokoh di luar lingkungan terdekat; menyusun acara dan jadwal siaran radio tentang tokoh di luar lingkungan terdekat.

Penyelenggaraan Siaran Radio

Pada akhir Fase D, peserta didik memahami pengelolaan siaran radio hiburan music, lagu yang sedang popular dan lagu anak-anak; mengelola siaran radio hiburan music, lagu yang sedang popular dan lagu anak-anak; menerangkan pengelolaan siaran radio hiburan music lagu religi; mengelola siaran radio hiburan music lagu religi; menerangkan pengelolaan siaran radio hiburan music berdasarkan genre pop, dangdut dan rock; mengelola siaran radio hiburan musik berdasarkan genre pop, dangdut dan rock.