CP & ATP

Fase D (Usia mental ± 9 tahun)

Keterampilan Cetak Sablon

Capaian Umum

Pada akhir Fase D, peserta didik mampu menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), mempersiapkan alat dan bahan cetak sablon manual melakukan pemindahan film positif cetak sabon manual, proses afdruk cetak sablon manual basis minyak, proses afdruk cetak sablon basis air, menerapkan berbagai teknik cetak sablon manual, melakukan proses cetak sablon manual satu warna pada berbagai media, mendemonstrasikan berbagai teknik cetak sablon manual satu warna pada berbagai media, mempersiapkan alat dan bahan cetak sablon digital, mempersiapkan desain pada cetak sablon digital, mengolah gambar, mengenal jenis software yang dibutuhkan, mengenal layout, menerapkan fungsi toolbox, mempersiapkan bahan cetak sablon digital, melakukan proses produksi cetak sablon digital pada berbagai media, mendemonstrasikan berbagai teknik cetak sablon digital pada berbagai macam media dan mengisi laporan hasil kerja dengan ceklis.

Capaian per Elemen

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang meliputi penerapaan kesehatan dan keselamatan di lingkungan tempat kerja, pencegahan kecelakaan kerja, penerapaan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Kerja (P3K), penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), pemeliharaan peralatan secara berkala, pencegahan penyakit akibat kerja, pembersihan area ruang sablon atau kelas untuk belajar, penyimpanan alat bantu dan perlengkapan menyablon, personal hygiene meliputi merawat kebersihan diri dan seragam kerja praktik/uniform, mengikuti prosedur penggunaan alat.

Persiapan Alat dan Bahan Cetak Sablon Manual dan Digital

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat mengidentifikasi alat dan bahan pembuatan produk cetak sablon manual dan digital mengelompokkan jenis peralatan, mengidentifikasi kegunaan peralatan, melakukan pemeliharaan berkala pada alat cetak sablon manual dan digital, membersihkan peralatan setelah digunakan, serta melakukan penyimpanan peralatan. Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk membuat produk cetak sablon manual dan digital. Memilih media yang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat produk cetak sablon manual dan digital secara mandiri.

Proses Cetak Sablon Manual dan Digital

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat menentukan jenis alat dan bahan cetak sablon; melakukan proses cetak sablon manual; melakukan pembuatan film positif pada screen; melakukan proses afdruk; memilih jenis obat afdruk; mencampurkan obat afdruk; melakukan pelapisan obat afdruk; mengeringkan screen yang sudah dilapisi obat afdruk dengan hairdryer; melakukan penyinaran pada meja afdruk untuk memindahkan gambar pada screen; menyiram screen dengan air pada bagian luar dan dalamnya dilanjutkan dengan penyemprotan screen menggunakan sprayer sampai semua gambar pada screen berlubang dan tampak jelas; melakukan pentusiran pada screen; mengoleskan tinta warna pada screen; mengolesi Hidronal G atau lem kain pada meja sablon; meletakkan bahan yang akan disablon secara mendatar dan rata; memasang anleg dan catok; meletakkan screen di atas bahan yang akan di sablon, menuang tinta pada bagian dalam screen; menyaput warna menggunakan rakel, mengangkat screen setelah penyaputan, mendemonstrasikan berbagai teknik cetak sablon manual satu warna pada media stiker, plastik, dan kain; menentukan jenis alat dan bahan cetak sablon digital; mempersiapkan desain pada cetak sablon digital; mengolah gambar; mengenal jenis software yang dibutuhkan dalam mengolah gambar; mengenal layout; mengenal fungsi toolbox; mempersiapkan bahan cetak sablon digital; melakukan proses produksi cetak sablon manual dan digital pada berbagai media; mendemonstrasikan berbagai teknik cetak sablon manual satu warna pada media stiker, kain, dan kaos; serta mendemonstrasikan berbagai teknik cetak sablon digital pada berbagai macam media kertas foto, pin, gantungan kunci, dan mug.

Penyelesaian Akhir

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat membersihkan peralatan dan perlengkapan cetak sablon manual dan digital mengelompokkan jenis peralatan, mengidentifikasi kegunaan peralatan, melakukan pemeliharaan berkala pada alat cetak sablon manual dan digital serta melakukan penyimpanan peralatan dengan rapi baik secara mandiri maupun bersama-sama.

Pelaporan

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat mengisi ceklis laporan persiapan alat, pemeriksaan kelengkapan bahan, dan menghitung hasil cetak sablon manual dan digital yang berhasil dibuat baik secara mandiri mapun bersama tim.