CP & ATP

Fase C (Usia mental ± 8 tahun)

Bahasa Inggris

Capaian Umum

Pada Fase C, peserta didik memahami bahwa bahasa Inggris lisan dapat membantu mereka berinteraksi dengan orang lain dalam situasi sosial sehari-hari dan konteks kelas. Di dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berbicara, peserta didik mengikuti/merespon instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris dan membagikan informasi dengan kosakata sederhana. Pada fase ini, peserta didik menggunakan alat bantu visual dan/atau auditif untuk membantu mereka berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Teknik yang digunakan disesuaikan dengan hambatan masing-masing. Peserta didik memahami bahwa kegiatan membaca merupakan kegiatan individu maupun berkelompok yang bisa dilakukan untuk memberikan kesenangan (reading for pleasure). Mereka memahami bahwa gambar yang terdapat dalam buku yang dibacakan oleh guru atau gambar/ visual yang peserta didik amati memiliki arti. Mereka merespons secara lisan, sederhana, dan spontan dan/atau komunikasi nonverbal terhadap teks sederhana yang dibacakan atau gambar/visual yang dilihatnya.

Capaian per Elemen

Menyimak- Berbicara Listening- Speaking

Pada akhir fase C, peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dan atau isyarat dengan bantuan audio atau visual menggunakan kosa kata sederhana. Mereka dapat menggunakan teks atau gambar untuk membantu mereka berkomunikasi. By the end of Phase C,students identify key points of information in visually and or sign supported oral presentations containing familiar vocabulary. They use texts or picture to help them communicate.

Membaca- Memirsa Reading- Viewing

Pada akhir fase C, Peserta didik menunjukkan pemahaman teks yang dibacakan atau gambar/ ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal. By the end of Phase C, students show understanding of texts being read to or pictures/illustration being shown, using verbal or non-verbal communication.

Menulis- Mempresentasikan Writing- Presenting

Belum menjadi fokus pembelajaran pada fase ini.