Fase E
Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dan Budi Pekerti
Capaian Umum
Pada akhir Fase E peserta didik mampu memahami dan menghayati ajaran Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat menunjukkan perilaku budi pekerti luhur yang responsif dan proaktif untuk menjadi bagian dari solusi atas permasalahan di lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan negara dalam pergaulan keragaman global. Peserta didik juga mampu memahami secara mendalam (deep understanding) terkait fakta, konsep dan prosedur ajaran terkait keagungan Tuhan, nilai budaya spiritual untuk memecahkan masalah dan menumbuhkan rasa syukur atas kekuasaan dan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Di akhir fase ini, peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil analisis, pemahaman dan penilaiannya dalam lingkungan yang lebih luas dan beragam.
Capaian per Elemen
Sejarah
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat mengamalkan ajaran kepercayaannya. Peserta didik dapat mengkomunikasikan sejarah kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan peserta didik dapat memberikan argumentasi pengetahuan tentang sistem kepercayaan prosedural asal-usul hidup dan kehidupan dengan beberapa teori asal mula alam semesta.
Keagungan Tuhan
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat menghayati keagungan Tuhan dengan rasa syukur atas karunia adanya ciptaan-Nya serta mendeskripsikan unsur-unsur diri dan kewajiban manusia sujud syukur sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Budi Pekerti
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat mengamalkan dan mengkomunikasikan konsep prosedural penumbuhan sikap budi pekerti luhur dalam dirinya serta penerapannya dalam wujud sikap tanggung jawab, kerja keras dan peduli berbagi, sopan, menghargai, santun, menerima perbedaan pendapat, serta sikap taat asas terpercaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
Martabat Spiritual
Pada akhir Fase E, peserta didik dapat menghayati dan mendeskripsikan pola ritual religius ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di daerahnya serta mencintai nilai kearifan lokal lingkungan hidup. Peserta didik mengamalkan nilai religius spiritual melalui kreasi penerapan nilai ekologi, spiritual dan teknologi kekinian dalam kehidupan dan penghidupan.
Larangan dan Kewajiban
Pada akhir Fase E peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan perbuatan baik menerapkan ajaran kepercayaannya. Peserta didik dapat mendeskripsikan ragam larangan dan kewajiban ajaran kepercayaannya.