Fase E
Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti
Capaian Umum
Pada akhir Fase E, peserta didik menyimpulkan dan menunjukkan kesadaran sejarah penyiaran agama Buddha dengan membuktikan bahwa agama Buddha Indonesia yang beragam merupakan titik temu antara nilai-nilai agama Buddha dengan kearifan lokal, dan meneladan perjuangan pelaku sejarah agama Buddha masa kontemporer melalui pertimbangan sikap dalam berperan mengembangkan agama Buddha dan bangsa. Peserta didik menyusun rencana dan melaksanakan meditasi disertai keyakinan dan kebijaksanaan melalui pengembangan batin sebagai wujud individu yang beragama dalam kehidupan beragama. Peserta didik mendeskripsikan peran nilai-nilai Hukum Kebenaran sebagai pola pikir dalam memaknai fenomena dan masalah kehidupan terkait ilmu pengetahuan dan teknologi dengan agama Buddha; dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengamalkan nilai-nilai agama Buddha (moral, meditasi, dan kebijaksanaan) dan nilai-nilai Pancasila dasar negara; sebagai wujud manusia beragama, berbangsa, dan bernegara.
Capaian per Elemen
Sejarah
Pada akhir fase E, peserta didik menyimpulkan dan menunjukkan kesadaran sejarah penyiaran agama Buddha dengan membuktikan bahwa agama Buddha Indonesia yang beragam merupakan titik temu antara nilai-nilai agama Buddha dengan kearifan lokal, dan meneladan perjuangan pelaku sejarah agama Buddha masa kontemporer melalui pertimbangan sikap dalam berperan mengembangkan agama Buddha dan bangsa.
Ritual
Pada akhir Fase E, peserta didik menyusun rencana dan melaksanakan meditasi disertai keyakinan dan kebijaksanaan melalui pengembangan batin sebagai wujud individu yang beragama dalam kehidupan beragama.
Etika
Pada akhir fase E, peserta didik mendeskripsikan peran nilai-nilai Hukum Kebenaran sebagai pola pikir dalam memaknai fenomena dan masalah kehidupan terkait ilmu pengetahuan dan teknologi dengan agama Buddha; dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengamalkan nilai-nilai agama Buddha (moral, meditasi, dan kebijaksanaan) dan nilai-nilai Pancasila dasar negara; sebagai wujud manusia beragama, berbangsa, dan bernegara.
Debugging info
{ "compiled": { "params": { "level": "sd-sma", "subject": "pendidikan-agama-buddha-dan-budi-pekerti", "phase": "e" }, "phase": "e", "pdfList": [ { "pdf": "https://drive.google.com/file/d/1dNtb45zXbYuur0sNBOwrrvMrEJhgY3qq/view?usp=sharing", "tags": "" }, { "pdf": "https://drive.google.com/file/d/1wNPHyzZd4JemoDLS7X-bYtPcuau2Rg-H/view?usp=sharing", "tags": "" } ], "generalInfo": "Pada akhir Fase E, peserta didik menyimpulkan dan menunjukkan kesadaran\n sejarah penyiaran agama Buddha dengan membuktikan bahwa agama Buddha\n Indonesia yang beragam merupakan titik temu antara nilai-nilai agama Buddha\n dengan kearifan lokal, dan meneladan perjuangan pelaku sejarah agama Buddha\n masa kontemporer melalui pertimbangan sikap dalam berperan mengembangkan\n agama Buddha dan bangsa. Peserta didik menyusun rencana dan melaksanakan\n meditasi disertai keyakinan dan kebijaksanaan melalui pengembangan batin\n sebagai wujud individu yang beragama dalam kehidupan beragama. Peserta\n didik mendeskripsikan peran nilai-nilai Hukum Kebenaran sebagai pola pikir\n dalam memaknai fenomena dan masalah kehidupan terkait ilmu pengetahuan dan\n teknologi dengan agama Buddha; dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan\n teknologi dengan mengamalkan nilai-nilai agama Buddha (moral, meditasi, dan\n kebijaksanaan) dan nilai-nilai Pancasila dasar negara; sebagai wujud manusia\n beragama, berbangsa, dan bernegara.", "elements": [ { "name": "Sejarah", "content": "Pada akhir fase E, peserta didik menyimpulkan dan\n menunjukkan kesadaran sejarah penyiaran agama\n Buddha dengan membuktikan bahwa agama Buddha\n Indonesia yang beragam merupakan titik temu antara\n nilai-nilai agama Buddha dengan kearifan lokal, dan\n meneladan perjuangan pelaku sejarah agama Buddha\n masa kontemporer melalui pertimbangan sikap dalam\n berperan mengembangkan agama Buddha dan\n bangsa." }, { "name": "Ritual", "content": "Pada akhir Fase E, peserta didik menyusun rencana\n dan melaksanakan meditasi disertai keyakinan dan\n kebijaksanaan melalui pengembangan batin sebagai\n wujud individu yang beragama dalam kehidupan\n beragama." }, { "name": "Etika", "content": "Pada akhir fase E, peserta didik mendeskripsikan\n peran nilai-nilai Hukum Kebenaran sebagai pola\n pikir dalam memaknai fenomena dan masalah\n kehidupan terkait ilmu pengetahuan dan teknologi\n dengan agama Buddha; dalam memanfaatkan ilmu\n pengetahuan dan teknologi dengan mengamalkan\n nilai-nilai agama Buddha (moral, meditasi, dan\n kebijaksanaan) dan nilai-nilai Pancasila dasar negara;\n sebagai wujud manusia beragama, berbangsa, dan\n bernegara. " } ] }, "subject": "Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti" }