Fase F
Bahasa Arab
Capaian Umum
Pada akhir fase F, peserta didik diharapkan dapat: 1) menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab; 2) mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab; 3) memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi; dan 4) menyusun karangan yang berisi dialog/ percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab.
Capaian per Elemen
Elemen Menyimak (al-Istima’)
Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab.
Menyimak huruf
hijaiyah.
Pada fase ini peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah yang sesuai dengan pelafalannya. Peserta didik dapat membedakan huruf-huruf yang keluar secara tepat (makharij al-huruf) dengan benar dan menirukan huruf-huruf yang didengarnya. Selain itu, peserta didik dapat menyimak dan menirukan kata-kata (mufradat) dan kalimat (jumlah basithah).
Menyimak
kosakata, kalimat,
dan teks bahasa
Arab.
Pada fase ini peserta didik dapat menyampaikan kembali kosakata dan kalimat yang didengar dengan baik dan benar terkait menjawab sapaan, berterima kasih (taqdim al-syukr), meminta izin (isti’zan), meminta maaf (i’tizar), ungkapan perpisahan (wada’an), ungkapan selamat (tahni’ah) mengungkapkan persetujuan (al-muwafaqah), dan teks-teks bahasa arab lainnya.
Menyimak dialog,
monolog, dan
deskripsi tentang
sesuatu dan cerita
singkat.
Pada fase ini peserta didik dapat mendengar teks-teks dialog, monolog, teks-teks deskripsi tentang sesuatu (orang, hewan, dan benda), dan cerita bahasa Arab dengan baik dan dapat menuliskannya dengan benar, baik, dan indah (khat).
Merespon
ungkapan sehari-
hari sesuai
pemahaman lintas
budaya
Pada fase ini peserta didik dapat mengungkapkan jawaban atau merespon pertanyaan-pertanyaan terkait menjawab sapaan, berterima kasih (taqdim al-syukr), meminta izin (isti’zan), meminta maaf (i’tizar), dan ungkapan perpisahan (wada’an), ungkapan selamat (tahni’ah) dan mengungkapkan persetujuan (al-muwafaqah) dengan baik, santun, dan sesuai dengan pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi).
Menyampaikan
informasi.
Pada fase ini peserta didik dapat menyampaikan informasi terkait perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (amaliyyah fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah) secara lisan.
Menyampaikan isi
pesan suatu teks.
Pada fase ini peserta didik dapat menyampaikan pesan dalam teks secara lisan tentang isi teks narasi (qasasi), deskripsi (washfi), surat (risalah/khitobah), teks prosedural, dan cara membuat sesuatu secara singkat, iklan, dan laporan singkat secara lisan.
Membaca huruf,
kosakata, kalimat,
dan teks dengan
tepat, baik, dan
benar.
Pada fase ini peserta didik dapat membaca kosakata, kalimat-kalimat dan teks-teks bahasa Arab dengan lancar, cermat, dan tepat sesuai dengan harakat dan tata bahasa (qawaid) yang benar terkait teks perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (al-amaliyyah fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah).
Menangkap makna
kosakata dan
menerjemah kalimat
dalam teks.
Pada fase ini peserta didik dapat menangkap makna kosakata dan menerjemah kalimat dalam teks bahasa Arab terkait dialog/percakapan (muhawarah/muhadatsah), narasi (qasasi) dan deskripsi (washfi), dan surat (risalah/khitobah).
Menganalisis
pemahaman lintas
budaya (tafahum
tsaqafi) dalam teks
bahasa Arab.
Pada fase ini peserta didik dapat menganalisis pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi) yang ada dalam teks-teks bahasa Arab, dari kebiasaan (al-taqalid), adat istiadat (al-adat), lingkungan (al-bi’ah), latar belakang (al-khalfiyyah), agama/keyakinan (al-adyan), karakter (al-sifat), gerak tangan (harakah al-yadi), mimik wajah (surat al-wajh), nada suara (nagham al-shaut), gerak tubuh (harakah al-badan), dan lainnya.
Menulis huruf, kata,
dan kalimat.
Pada fase ini peserta didik dapat menulis huruf hijaiyah, kata dan kalimat bahasa Arab dengan tepat, benar, dan indah (khat).
Menyusun jawaban
pertanyaan dalam
teks
Pada fase ini peserta didik dapat menyusun jawaban dari pertanyaan secara tertulis dalam bahasa Arab dengan baik dan benar.
Menyusun karangan
singkat (insya
mujaz)
Pada fase ini peserta didik dapat menyusun formulir atau biodata (bayanat syakhsiyyah), karangan secara tertulis dalam bahasa Arab secara sederhana dengan baik dan benar terkait perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (al-a’mal fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah), baik dengan ragam tulisan narasi maupun deskripsi serta teks prosedur.
Elemen Berbicara (al-Kalam)
Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab dengan penguasaan minimal 500 kosakata.
Elemen Membaca (al-Qira’ah)
Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab yang yang menunjukkan peserta didik telah menguasai minimal 500 kosakata.
Elemen Menulis (Al-Kitabah)
Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyusun karangan yang berisi dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab yang menunjukkan peserta didik telah menguasai minimal 500 kosakata.
Debugging info
{ "compiled": { "params": { "level": "sd-sma", "subject": "bahasa-arab", "phase": "f" }, "phase": "f", "pdfList": [ { "pdf": "https://drive.google.com/file/d/1372DH8CaMLH_PHOTVBBt6JcErOCp1s88/view?usp=drive_link", "tags": "" } ], "generalInfo": "Pada akhir fase F, peserta didik diharapkan dapat: 1) menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab; 2) mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab; 3) memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi; dan 4) menyusun karangan yang berisi dialog/ percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab.", "elements": [ { "name": "Elemen Menyimak (al-Istima’)", "content": "Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab.\n" }, { "name": "", "subelements": [ [ "Menyimak huruf\nhijaiyah.", "Pada fase ini peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah yang sesuai dengan pelafalannya. Peserta didik dapat membedakan huruf-huruf yang keluar secara tepat (makharij al-huruf) dengan benar dan menirukan huruf-huruf yang didengarnya. Selain itu, peserta didik dapat menyimak dan menirukan kata-kata (mufradat) dan kalimat (jumlah basithah)." ], [ "Menyimak\nkosakata, kalimat,\ndan teks bahasa\nArab.", "Pada fase ini peserta didik dapat menyampaikan kembali kosakata dan kalimat yang didengar dengan baik dan benar terkait menjawab sapaan, berterima kasih (taqdim al-syukr), meminta izin (isti’zan), meminta maaf (i’tizar), ungkapan perpisahan (wada’an), ungkapan selamat (tahni’ah) mengungkapkan persetujuan (al-muwafaqah), dan teks-teks bahasa arab lainnya." ], [ "Menyimak dialog,\nmonolog, dan\ndeskripsi tentang\nsesuatu dan cerita\nsingkat.", "Pada fase ini peserta didik dapat mendengar teks-teks dialog, monolog, teks-teks deskripsi tentang sesuatu (orang, hewan, dan benda), dan cerita bahasa Arab dengan baik dan dapat menuliskannya dengan benar, baik, dan indah (khat)." ], [ "Merespon\nungkapan sehari-\nhari sesuai\npemahaman lintas\nbudaya", "Pada fase ini peserta didik dapat mengungkapkan jawaban atau merespon pertanyaan-pertanyaan terkait menjawab sapaan, berterima kasih (taqdim al-syukr), meminta izin (isti’zan), meminta maaf (i’tizar), dan ungkapan perpisahan (wada’an), ungkapan selamat (tahni’ah) dan mengungkapkan persetujuan (al-muwafaqah) dengan baik, santun, dan sesuai dengan pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi)." ], [ "Menyampaikan\ninformasi.", "Pada fase ini peserta didik dapat menyampaikan informasi terkait perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (amaliyyah fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah) secara lisan." ], [ "Menyampaikan isi\npesan suatu teks.", "Pada fase ini peserta didik dapat menyampaikan pesan dalam teks secara lisan tentang isi teks narasi (qasasi), deskripsi (washfi), surat (risalah/khitobah), teks prosedural, dan cara membuat sesuatu secara singkat, iklan, dan laporan singkat secara lisan." ], [ "Membaca huruf,\nkosakata, kalimat,\ndan teks dengan\ntepat, baik, dan\nbenar.", "Pada fase ini peserta didik dapat membaca kosakata, kalimat-kalimat dan teks-teks bahasa Arab dengan lancar, cermat, dan tepat sesuai dengan harakat dan tata bahasa (qawaid) yang benar terkait teks perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (al-amaliyyah fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah)." ], [ "Menangkap makna\nkosakata dan\nmenerjemah kalimat\ndalam teks.", "Pada fase ini peserta didik dapat menangkap makna kosakata dan menerjemah kalimat dalam teks bahasa Arab terkait dialog/percakapan (muhawarah/muhadatsah), narasi (qasasi) dan deskripsi (washfi), dan surat (risalah/khitobah)." ], [ "Menganalisis\npemahaman lintas\nbudaya (tafahum\ntsaqafi) dalam teks\nbahasa Arab.", "Pada fase ini peserta didik dapat menganalisis pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi) yang ada dalam teks-teks bahasa Arab, dari kebiasaan (al-taqalid), adat istiadat (al-adat), lingkungan (al-bi’ah), latar belakang (al-khalfiyyah), agama/keyakinan (al-adyan), karakter (al-sifat), gerak tangan (harakah al-yadi), mimik wajah (surat al-wajh), nada suara (nagham al-shaut), gerak tubuh (harakah al-badan), dan lainnya." ], [ "Menulis huruf, kata,\ndan kalimat.", "Pada fase ini peserta didik dapat menulis huruf hijaiyah, kata dan kalimat bahasa Arab dengan tepat, benar, dan indah (khat)." ], [ "Menyusun jawaban\npertanyaan dalam\nteks", "Pada fase ini peserta didik dapat menyusun jawaban dari pertanyaan secara tertulis dalam bahasa Arab dengan baik dan benar." ], [ "Menyusun karangan\nsingkat (insya\nmujaz)", "Pada fase ini peserta didik dapat menyusun formulir atau biodata (bayanat syakhsiyyah), karangan secara tertulis dalam bahasa Arab secara sederhana dengan baik dan benar terkait perkenalan diri (ta’aruf), keluarga (usrah), kegiatan sekolah (al-a’mal fi al-madrasah), fasilitas di sekolah (al-marafiq fi al-madrasah), tempat wisata (al-amakin al-nuzhah), dan waktu dalam kegiatan sehari-hari (al-a’mal al-yaumiyyah), baik dengan ragam tulisan narasi maupun deskripsi serta teks prosedur." ] ] }, { "name": "Elemen Berbicara (al-Kalam)", "content": "Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab dengan penguasaan minimal 500 kosakata." }, { "name": "Elemen Membaca (al-Qira’ah)", "content": "Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab yang yang menunjukkan peserta didik telah menguasai minimal 500 kosakata." }, { "name": "Elemen Menulis (Al-Kitabah)", "content": "Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyusun karangan yang berisi dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab yang menunjukkan peserta didik telah menguasai minimal 500 kosakata." } ] }, "subject": "Bahasa Arab" }