CP & ATP

Fase F (Program Paket C)

Pemberdayaan

Capaian Umum

Pada fase F, peserta didik mampu mengembangkan kesadaran diri, harga diri, peran diri, percaya diri, mandiri, bertanggung jawab, mampu merumuskan, mempresentasikan, mempertahankan ide gagasan secara logis, menganalisis peluang dan tantangan, serta memiliki komitmen yang kuat. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku kreatif, bernalar kritis, dan mandiri, serta mampu memecahkan permasalahan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi yang terjadi di keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Capaian per Elemen

Kesadaran diri

Peserta didik mengembangkan kesadaran diri, kemandirian, pengendalian diri, mengenali potensi, kekuatan dan kelemahan diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Peserta didik mampu menunjukkan prestasi diri dan memiliki perasaan bangga terhadap capaian yang diraihnya, merumuskan dan mempresentasikan dan mempertahankan ide, inisiatif dan gagasan gagasan kreatif secara logis. Peserta didik juga mampu menganalisis dan mengoptimalisasikan kemampuan, serta peluang untuk menghadapi tantangan diri sendiri, lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Harga diri

Peserta didik menunjukkan harga diri dengan memiliki kesadaran, integritas, selalu mengembangkan kompetensi, dan optimis dalam penyelesaian tantangan atau masalah yang terjadi pada lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Kepercayaan diri

Peserta didik mengembangkan sikap mandiri, optimis, motivatif, aktualisasi diri, komitmen dan memiliki keyakinan yang kuat terkait minat dan aktivitas yang dilakukannya, serta tanggung jawab terhadap keputusan dan tindakannya. Peserta didik mampu menunjukkan sikap objektif, dan mampu berkomunikasi dalam berbagai situasi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Partisipasi aktif

Peserta didik mengembangkan kebiasaan bekerja sama dengan orang lain untuk mengatasi permasalahan atau kendala, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Akses terhadap pengambilan keputusan

Peserta didik mampu memecahkan permasalahan atau kendala melalui penerapan strategi-strategi untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan alam, sosial, budaya, politik, dan ekonomi secara berkesinambungan dengan mengoptimalkan ruang publik di satuan pendidikan dan masyarakat.