Fase D (Program Paket B)
Pemberdayaan
Capaian Umum
Pada akhir fase D, peserta didik mampu menunjukkan kesadaran diri, mengenal harga diri dan peran diri, memperlihatkan sikap dan perilaku dalam melaksanakan aturan, memahami konsep kemandirian, motivasi diri, dan aktualisasi diri, serta mampu menyampaikan pendapat di publik. Peserta didik dapat menampilkan keyakinan diri, optimisme, kemandirian, dan inisiasi dalam memecahkan masalah di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.
Capaian per Elemen
Kesadaran diri
Peserta didik mampu menunjukan kesadaran diri, mengenal kelebihan dan kekurangan diri, potensi diri dan prestasi diri. Peserta didik memiliki kemampuan pengendalian diri, menyampaikan pendapat ide/ gagasan yang dimilikinya, serta menunjukkan peran diri dalam lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.
Harga diri
Peserta didik mampu menunjukkan kompetensi diri dan optimisme dalam penyelesaian permasalahan/ tantangan yang terjadi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.
Kepercayaan diri
Peserta didik mampu menujukkan keyakinan diri, optimisme, kemandirian, memotivasi diri, dan mengaktualisasikan diri. Peserta didik mampu membangun objektivitas dan berpikir rasional dalam memandang permasalahan yang terjadi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.
Partisipasi aktif
Peserta didik mampu menemukan, membedakan, dan menganalisis sebab akibat dari berbagai kejadian, permasalahan, atau kendala yang terjadi, memperlihatkan sikap dan perilaku dalam melaksanakan aturan di keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.
Akses terhadap pengambilan keputusan
Peserta didik mampu menginisiasi solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.