CP & ATP

Fase C (Program Paket A)

Pemberdayaan

Capaian Umum

Pada akhir fase C, peserta didik mampu mengenal konsep diri dan peran diri, menunjukkan perilaku mematuhi aturan dan mampu menganalisis secara sederhana perilaku diri dan orang lain, sehingga memiliki keyakinan diri untuk berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungannya. Peserta didik juga dapat menyatakan pendapat secara logis, menunjukkan kreativitas dan inisiatif dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Capaian per Elemen

Kesadaran diri

Peserta didik mampu menyampaikan secara jelas pikiran dan perasaan. Peserta didik juga mampu menyatakan pendapat secara logis dan menerima pendapat orang lain. Peserta didik juga mengenal kelemahan dan potensi diri, serta memiliki perasaan senang atas capaian yang diraihnya.

Harga diri

Peserta didik mampu menganalisis secara sederhana dan menentukan peran, sikap dan perilaku diri di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan di lingkungan masyarakat

Kepercayaan diri

Peserta didik mampu menunjukkan sikap optimis dan memiliki pandangan yang positif dalam menghadapi segala hal tentang diri, harapan, dan kemampuan diri. Peserta didik menunjukkan tanggung jawab atas segala hal yang menjadi kewajibannya dalam lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Partisipasi aktif

Peserta didik mampu mengusulkan pendapat dan menghargai pendapat orang lain, serta menunjukkan perilaku mematuhi aturan yang ada di keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Akses terhadap pengambilan keputusan

Peserta didik mampu menunjukkan perilaku kreatif untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.