Fase B (Program Paket A)
Pemberdayaan
Capaian Umum
Pada akhir fase B, peserta didik mampu menunjukkan identitas dan peran diri, rasa senang terhadap kemampuan, serta mengenal peran diri sebagai bagian keluarga dan satuan pendidikan, memiliki keyakinan diri dan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga dapat menunjukkan kepercayaan diri, menyatakan pendapat, menghargai keberadaan orang lain, serta peduli terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar.
Capaian per Elemen
Kesadaran diri
Peserta didik mampu menunjukkan identitas diri, keluarga dan teman sebaya, serta menyatakan pendapat dan menerima saran. Peserta didik mampu menunjukkan rasa senang atas kemampuan dan prestasi yang diraihnya, serta mengenal peran diri sebagai bagian dari keluarga, lingkungan satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar.
Harga diri
Peserta didik mulai menunjukkan peran diri dan keyakinan diri untuk memenuhi keinginan, serta mampu mengatasi permasalahan diri dan permasalahan di keluarga, satuan pendidikan dan lingkungan sekitar.
Kepercayaan diri
Peserta didik memiliki keyakinan akan kemampuan diri dan menunjukkan komitmen dalam menyelesaikan permasalahan dasar di keluarga, satuan pendidikan dan lingkungan sekitar.
Partisipasi aktif
Peserta didik mampu membangun rasa percaya dan menghargai keberadaan orang lain di keluarga, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar.
Akses terhadap pengambilan keputusan
Peserta didik mampu membangun kepedulian terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di keluarga, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar.