Fase E (Program Paket C)
Keterampilan Tata Busana
Capaian Umum
Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan menyiapkan peralatan jahit pokok antara lain mesin jahit lurus, mesin obras, mesin lobang kancing, serta alat bantu jahit serta melakukan pemeliharaan secara rutin dan memperbaiki jika terjadi kerusakan ringan. Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis bahan tekstil dan sifat bahan tekstil berdasarkan asal serat kain, membuat fragmen kampuh jahitan, macam-macam saku tempel, saku sisi sembunyi, jenis-jenis lengan yang dipasangkan, memasang kancing, dan penyelesaian tepi pakaian. Peserta didik mampu mengidentifikasi garis-garis tubuh (body line), menentukan ukuran baik lenan rumah tangga maupun busana seragam sekolah, mengambil ukuran bagian-bagian tubuh, membuat pola lenan rumah tangga dan pola dasar badan dengan teknik konstruksi. Peserta didik mampu mengubah pola dasar menjadi pola busana seragam sekolah, membuat pecah pola, membuat rancangan bahan, meletakkan pola di atas bahan baik bahan lenan rumah tangga katun bermotif maupun busana seragam sekolah, memindahkan tanda kampuh, menyusun tertib kerja menjahit, menentukan standar mutu produk, menjahit bagian-bagian potongan baik lenan rumah tangga maupun busana seragam sekolah dengan menerapkan K3, menyelesaikan akhir hasil jahitan, melipat dan mengemas, menghitung biaya produksi meliputi biaya bahan pokok, bahan tambahan, ongkos tenaga, penyusutan alat, biaya listrik dan biaya administrasi, menentukan laba yang diharapkan, serta menentukan harga jual produk lenan rumah tangga dan busana seragam sekolah.
Capaian per Elemen
Piranti Menjahit
Peserta didik memiliki kemampuan menyiapkan peralatan jahit pokok antara lain mesin jahit lurus, mesin obras, mesin lobang kancing, serta alat bantu jahit, mampu melakukan pemeliharaan secara rutin dan memperbaiki jika terjadi kerusakan ringan.
Teknik Dasar
Menjahit
Peserta didik memiliki kemampuan mengidentifikasi jenis bahan tekstil, sifat bahan tekstil berdasarkan asal serat kain, mampu membuat fragmen kampuh jahitan, macam-macam saku tempel, saku sisi sembunyi, jenis-jenis lengan yang dipasangkan. memasang kancing, penyelesaian tepi pakaian.
Pembuatan Pola
Peserta didik memiliki kemampuan mengidentifikasi garis-garis tubuh (body line), menentukan ukuran baik lenan rumah tangga maupun busana seragam sekolah, mengambil ukuran bagian-bagian tubuh, membuat pola lenan rumah tangga dan pola dasar badan dengan teknik konstruksi, merubah pola dasar menjadi pola busana seragam sekolah, membuat pecah pola, membuat rancangan bahan.
Pembuatan Busana Dan Lenan Rumah Tangga
Peserta didik memiliki kemampuan meletakkan pola diatas bahan baik bahan lenan rumah tangga katun bermotif maupun busana seragam sekolah, memindahkan tanda kampuh, menyusun tertib kerja menjahit, menentukan standar mutu produk, menjahit bagian-bagian potongan baik lenan rumah tangga maupun busana seragam sekolah dengan menerapkan K3, menyelesaikan akhir hasil jahitan, melipat dan mengemas.
Rancangan Harga
Jual
Peserta didik memiliki kemampuan menghitung biaya produksi meliputi biaya bahan pokok, bahan tambahan, ongkos tenaga, penyusutan alat, biaya listrik dan biaya administrasi, menentukan laba yang diharapkan, serta menentukan harga jual produk lenan rumah tangga dan busana seragam sekolah.