Fase E (Program Paket C)
Keterampilan Pengelolaan Sampah
Capaian Umum
Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan dalam menganalisis dan mengelola berbagai jenis sampah yang dihasilkan oleh industri kecil. Peserta didik mampu berdiskusi dan menggali informasi tentang berbagai jenis sampah yang dihasilkan Industri kecil. Peserta didik mengerti definisi sampah dari berbagai sumber. Peserta didik mengetahui berbagai sumber yang menghasilkan sampah. Peserta didik memahami jenis barang yang di pakai dan bahaya nya bagi lingkungan sehingga tidak sembarang menggunakanya. Peserta didik menjadikan pengetahuan pengelolaan sampah sebagai salah satu sumber keterampilan. Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan pengelolaan sampah dalam kehidupan sehari-hari.
Capaian per Elemen
Observasi dan
eksplorasi
Peserta didik mampu mengamati dan mengenal berbagai jenis sampah yang dihasilkan industri kecil. Peserta didik mampu mendiskusikan secara aktif hasil pengamatan sampah yang dihasilkan oleh industri kecil menggali informasi serta pengetahuan tentang sampah yang dihasilkan industri kecil. Peserta didik mampu mengkaji hasil pengamatan pengolahan sampah yang dihasilkan industri kecil. Peserta didik mampu memanfaatkan barang bekas sebagai bahan ketrampilan dengan berbagai inovasi. Peserta didik mampu menggunakan prinsip-prinsip pengelolaan sampah untuk menjaga lingkungan nya agar selalu bersih, sehat, dan tertib.
Perencanaan
Peserta didik mampu membuat perencanaan dalam melakukan pengelolaan sampah/limbah industri kecil menggali informasi sebagai sarana pengetahuan untuk menunjang perencanaan pengelolaan sampah yang dihasilkan industri kecil. Menggunakan hasil diskusi serta informasi sebagai sarana pengembangan perencanaan pengelolaan sampah yang dihasilkan industri kecil. Peserta didik mampu merancang metode pembuatan barang layak jual dari bahan bekas.
Pengolahan
Peserta didik mampu membuat produk hasil kombinasi pemilahan sampah industri kecil dengan teknologi sederhana menjadi barang yang bernilai ekonomi.
Pemasaran
Peserta didik mampu memasarkan produk hasil keterampilan dari bahan bekas secara online dan offline. Peserta didik memanfaatkan sampah sebagai sumber keterampilan yang mempunyai nilai jual.
Refleksi
Peserta didik mampu mengevaluasi, penugasan untuk menggunakan barang yang bukan sekali pakai. Peserta didik mampu menciptakan inovasi dari bahan bekas.