Fase D (Program Paket B)
Keterampilan Pengelolaan Sampah
Capaian Umum
Pada akhir Fase D, peserta didik memiliki kemampuan membiasakan konsep mengurangi (reduce) sampah plastik. Peserta didik mampu mengenal barang yang bisa digunakan berulang seperti gelas, piring, tumbler (tempat minum). Peserta didik mampu membuktikan barang yang bisa digunakan berulang. Peserta didik memahami konsep menggunakan kembali (reuse) serta mengenal barang yang bisa digunakan kembali. Peserta didik mengetahui barang yang bisa di daur ulang (recycle) dalam rangka pengurangan sampah plastik yang dihasilkan lingkungan sekitar. Peserta didik mulai belajar memanfaatkan sampah yang sudah dipilah sebagai bahan untuk keterampilan maupun kreatifitas. Peserta didik mengaplikasikan pengetahuan pengurangan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.
Capaian per Elemen
Observasi dan
eksplorasi
Peserta didik mampu mengamati dan mengenal berbagai jenis sampah yang dihasilkan lingkungan sekitar. Peserta didik diskusi aktif hasil pengamatan sampah yang dihasilkan lingkungan sekitar. Peserta didik mampu membuat hasil keterampilan berbahan sampah. Peserta didik mampu membiasakan diri mengurangi sampah plastik dengan cara menggunakan barang-barang yang bisa didaur ulang atau digunakan kembali dalam pemanfaatan barang- barang yang digunakan sehari-hari seperti sendok, piring, gelas, dan tempat minum.
Perencanaan
Peserta didik mampu membuat perencanaan dalam melakukan pengelolaan sampah yang dihasilkan lingkungan sekitar. Peserta didik mampu merencanakan demonstrasi mingguan atau bulanan dalam rangka pengurangan sampah plastik dengan cara membiasakan menggunakan barang- barang yang bisa digunakan kembali atau yang bisa di daur ulang. Peserta didik mampu merencanakan kegiatan-kegiatan penunjang pengurangan sampah plastik seperti membuat kerajinan dari berbagai jenis sampah plastik.
Pengolahan
Peserta didik mampu membiasakan konsep mengurangi sampah plastic (reduce). Peserta didik mampu memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan keterampilan.
Pemasaran
Peserta didik mampu memahami sampah yang bernilai karena bisa di daur ulang. Peserta didik mampu memanfaatkan sampah sebagai salah satu sumber pendapatan dengan cara mengelompokan sampah yang bisa didaur ulang. Peserta didik mampu memanfaatkan sampah menjadi barang layak jual sebagai salah satu sumber pendapatan.
Refleksi
Peserta didik mampu mengevaluasi, dan membiasakan diri untuk menggunakan barang yang bukan sekali pakai.