Logo Kemendikbud
Ruang Kolaborasi Merdeka Mengajar Logo

Mengapa jadi kontributor?

Anda akan membantu lebih dari 4 juta pendidik di Indonesia melaksanakan pembelajaran yang bermakna, melalui penyediaan perangkat ajar yang relevan dan beragam.

Mendapat pendampingan dari tim Kemendikbudristek

Mendapat pendampingan dari tim Kemendikbudristek

Mengetahui performa perangkat ajar yang dibuat

Mengetahui performa perangkat ajar yang dibuat

Berjejaring dengan rekan-rekan penggiat pendidikan

Berjejaring dengan rekan-rekan penggiat pendidikan

Kesempatan membuat brand Anda <u>dikenal lebih luas</u>

3 tahapan berkontribusi

bisa dilakukan sepanjang tahun

Kontribusi perangkat ajar

Pertanyaan paling sering ditanyakan

1. Kontributor Institusi

Badan usaha, instansi pemerintah, komunitas, organisasi, sekolah atau satuan pendidikan lainnya.

2. Kontributor Individu (selain guru)

Dosen, editor/penulis buku, kreator konten pendidikan, tutor, atau lainnya (tanpa membawa nama institusi).

3. Kontributor Guru/Pendidik

Guru, widyaiswara, atau tenaga pendidik lainnya yang ingin berkontribusi tanpa membawa nama sekolah atau komunitasnya. Untuk menjadi kontributor, guru/pendidik tidak perlu melakukan pendaftaran, melainkan hanya perlu mengikuti Pelatihan Mandiri.
Pelajari selengkapnya di sini.

Syarat menjadi kontributor:

  • Khusus Kontributor Insitusi & Individu, memiliki pengalaman dan keahlian dalam membuat konten pendidikan, yang akan dilihat dari pengalaman dan contoh karya yang Anda sertakan di formulir pendaftaran.

  • Khusus Kontributor Insitusi, diharapkan memiliki status legalitas yang jelas, yang dapat dibuktikan melalui adanya akta pendirian, surat keputusan (SK), SIUP, AD ART, atau surat penetapan lainnya.

  • Khusus Kontributor Guru/Pendidik, memiliki akses ke platform Merdeka Mengajar dan menyelesaikan topik Pelatihan Mandiri sesuai yang disyaratkan.

Selain itu, ketentuan mengenai hak cipta perangkat ajar yang dikontribusikan, serta hak dan kewajiban kontributor bisa Anda baca di sini.

Saat ini, Anda belum bisa mendaftar tanpa menyertakan setidaknya 3 contoh karya. Contoh karya kami butuhkan untuk memverifikasi pengalaman dan keahlian Anda dalam membuat konten pendidikan, demi menjaga kualitas perangkat ajar yang Anda kontribusikan nantinya.

Namun, jangan berkecil hati. Karena pendaftaran dibuka sepanjang tahun, kami mendorong Anda untuk mulai mengembangkan contoh karya (misal: rencana pembelajaran, bahan ajar, artikel, video, buku, atau alat bantu pembelajaran lainnya) untuk mendaftar di kemudian hari.

Tidak ada. Anda bisa mendaftar menjadi kontributor dan mengembangkan perangkat ajar kapan pun sesuai kesediaan dan kesiapan Anda.

Namun, Kontributor Insitusi & Individu diwajibkan mengikuti rangkaian sesi pelatihan dan pendampingan yang akan dilaksanakan pada waktu-waktu terjadwal. Hal ini tidak berlaku untuk Kontributor Guru/Pendidik, yang hanya perlu mengikuti Pelatihan Mandiri.

Ya. Perangkat ajar yang Anda kontribusikan harus mengacu ke Kurikulum Merdeka, meski tidak menutup kemungkinan perangkat ajar Anda akan digunakan dalam pembelajaran di kurikulum lain.

Pemahaman tentang Kurikulum Merdeka bisa Anda pelajari di sini, maupun melalui sesi pelatihan yang akan Anda ikuti setelah terverifikasi menjadi kontributor.

Jangan khawatir, Anda tetap bisa mendaftar menjadi kontributor. Setelah lulus verifikasi, Kontributor Insitusi & Individu akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman terkait Kurikulum Merdeka. Sementara itu, Kontributor Guru/Pendidik akan mendapatkan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Mandiri.

Selain itu, kami juga menyediakan beberapa materi panduan tentang Kurikulum Merdeka yang bisa Anda baca di sini.

Mari bergabung dengan kontributor lainnya untuk berbagi inspirasi mengajar